kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

Suzuki Skywave 125 NR, Touring Jogja Magetan Sarangan

Sudah lama saya berkeinginan ngajak jalan-jalan Skywave 125 NR keluaran tahun 2008, dan di akhir tahun kemarin baru tercapai dengan rute Jogja menuju Magetan dan sebaliknya. FYI alias for your information, motor ini memang pekerja keras, lha wong hampir tiap hari tak kurang dari 80 km saya pakai jalan, nganter ke mana-mana. Bayangin bro, dengan umur hampir 3 tahun ini, odometer sudah menempuh jarak hampir 45.000 kilometer… yaa masih kalah sih dibanding Megapro saya dulu.. 😀

Awalnya saya agak ragu bisa melibas tanjakan pegunungan Lawu, tapi nyatanya fine-fine saja bahkan tanjakan bisa ngaciir :mrgreen: ngalahin motor bertransmisi manual. Rute berangkat, saya dari Wonosari Gunungkidul menuju ke transmitter tvOne dulu di Patuk, berangkat bersama mas Hadiyanta dan istri, MerconC, Moko, serta Karismanis. Saya pake Skywave sendirian, langsung menuju Wonosari (hehe… balik lagi..) lanjut Karangmojo – Semin – Wonogiri – Ngadirojo – Jatisrono – Plaosan – naik dulu ke Sarangan – Cemorosewu – muter-muter sekitar Danau Sarangan dan akhirnya nginep di rumah James Bons di Ngariboyo Magetan. Sedangkan rute pulang, dari Magetan – Sarangan – Cemorosewu – Tawangmangu – Karanganyar – Solo – Klaten – Prambanan – Piyungan – Patuk – Wonosari.

Berangkat bersama Bajaj Pulsar 180 UG4, TVS Apache 160 RTR, Honda Blade 110, saya yang paling sering mampir pom bensin.. xixixixi… soale kapasitas tangki bensin cuma 4,7 liter, plus mesin bertransmisi CVT yang relatif boros. Dari saya berangkat, sudah isi bensin premium sampai penuh luber, hingga akan pulang balik dari Magetan, mengisi di Ngadirojo dan Ngariboyo, kembali saya isi penuh luber. Total bensin yang diperlukan senilai Rp 24.000 atau 5,33 liter. Saat berangkat tercatat odometer 43.431,3 dan kembali isi lagi dari Magetan 43.664,3. Berarti menempuh jarak 233 km. Jadi konsumsi bensin 1 liter menempuh jarak 43,71 km/liter.

Saat perjalanan pulang, sayang sekali saya tidak sempat mencatat odometer akhir, tapi dengan bantuan Google Maps, saya track jalur pulang tersebut, dan ternyata menempuh jarak kurang lebih 151,9 km. Konsumsi premium dari awal di Ngariboyo Magetan penuh luber dan mengisi 1 kali di Klaten, kembali isi penuh lagi di Wonosari total senilai Rp 18.000 atau 4 liter. Berarti setiap liter bensin menempuh jarak 37,97 km/liter.

Dari hasil perbandingan berangkat dan pulang dapat saya analisa begini, rute berangkat sebagian besar jalan ditempuh dengan kecepatan lebih dari 70 km/jam dan nyaris tanpa hambatan berarti, semacam kepadatan jalan atau lampu merah. Jalanan mulus dan lancar cenderung rata dan konstan, hanya sedikit bergelombang di jalan sebelum menuju Plaosan. Begitu pula dari Cemorosewu ke Ngariboyo, kondisi jalan cenderung menurun, jelas mesin tak perlu bekerja keras. Nah, rute pulangnya cukup menguras bahan bakar, naik Sarangan dan cukup lama terjebak kemacetan di Solo. Yah.. tapi cuma selisih 5 km saja sebenarnya, perhitungan kasar pula 😀

Posisi riding saya rasa sangat nyaman, badan tegak, kaki bisa selonjor kalo capek.. eh pastinya kaki nggak capek.. kan nggak ngapa-ngapain, cukup pelintir gas dan tarik rem depan-belakang 🙂 Syukur Alhamdulillah perjalanan dari berangkat hingga pulang sangat-sangat lancar, tak ada problem pada Skywave. Saya sempat takut kampas kopling aus terbakar saat menanjak terjal karena kopling CVT bertipe kering, cmiiw, faktanya no problem.. 😉 Oh iya, sebelum berangkat saya hampir tak ada persiapan apa-apa, hanya ganti oli saja dan sedikit bebersih filter karburator dan filter sirkulasi udara CVT.

Sayangnya saya nggak bawa boncenger, karena pas saat itu juga, boncengernya mesti ke Depok dan Bekasi :curcol: :nggaknyambung: hehe… :mrgreen: 😀

Semoga berguna 😉

Bonus, tebak-tebakan… ketiga motor ini berbeda merek dan tipe, hanya ada satu part yang nyomot dari merek yang sama.. apakah itu? ➡ Nggak ada hadiahnya, namanya juga cuma tebak-tebakan :mrgreen:

 

kilaubiru >>>

Iklan

39 responses to “Suzuki Skywave 125 NR, Touring Jogja Magetan Sarangan

  1. thole 13 Januari 2011 pukul 1:49 AM

    apa ya? 😆

    kalah ma si jadul pak, 3th lebih dah 61rb km ++ :mrgreen:

  2. buleketek 13 Januari 2011 pukul 2:06 AM

    spion ya?

  3. Maskur 13 Januari 2011 pukul 4:47 AM

    skywave?
    Fly to the sky!

  4. Donal Terores 13 Januari 2011 pukul 5:47 AM

    Klo aku prnh jln2 pake vario (milik tmn) boncengan dr demak ke tlogo sarangan via grobogan, tp syg ga ngitung odometer & konsumsi bensin. Yg jelas wkt itu varionya lbih irit (& bertenaga?) dbnding soul yg dibawa tmn lainnya :mrgreen:

  5. Triyanto Banyumasan 13 Januari 2011 pukul 5:49 AM

    spione Tagor kwi,
    GLPM detected… Gelombang Langit Pengendara Malam

  6. azizyhoree 13 Januari 2011 pukul 7:41 AM

    tak ada problem pada Skywave. Saya sempat takut kampas kopling aus terbakar saat menanjak terjal karena kopling CVT bertipe kering, cmiiw
    ==================================
    yo jelas lah mas, cvt scooter type kering kalo type basah njur piye le arep jalan belt e?? :mrgreen:

    yg dimaksud kopling dalam cvt matic, adalah sentrifugal type, dimana dia berfungsi saat perubahan kecepatan dari nol-ke motor mulai bergerak sekitar 5-10km/h, sedangkan sedangkan diatas kecepatan itu yang merubah variabel kecepatan yg bertugas adalah belt-pulley-roller

    jadi jika ada istilah terbakar pada matic, bukan karena koplingnya kering, namun karena terjadi selip……. kira2 begetu juragan 😆

  7. Mercon C a.k.a Mercon Mretelli 13 Januari 2011 pukul 7:52 AM

    wah, si blade aja megap-megap kok,,, wekekekekek,,, 😆
    tapi mantap kok ni motor,,,

  8. Bonsai Biker 13 Januari 2011 pukul 9:26 AM

    konsumsine mirip ambek bang tigor tapi gak ngebut ya, kalo ngebut buoros tigore

  9. az147r 13 Januari 2011 pukul 9:31 AM

    konsumsi bensin 1 liter
    menempuh jarak 43,71 km/liter.
    ===
    Irit kok th…
    Nitip http://az147r.wordpress.com/2011/01/13/skutik-keluarga-pilih-yang-pas/

  10. az147r 13 Januari 2011 pukul 9:31 AM

    konsumsi bensin 1 liter
    menempuh jarak 43,71 km/liter.
    ===
    Irit kok th…nga boros amat
    Nitip http://az147r.wordpress.com/2011/01/13/skutik-keluarga-pilih-yang-pas/

  11. Tukang Motor 14 Januari 2011 pukul 12:20 AM

    motor2 suzuki bagus di tarikan atas ya mas…. pantes pada kenceng…..

  12. skywavemania 14 Januari 2011 pukul 11:38 AM

    apalah kata orang tentang skywave…. kalau sudah mencoba skywave mereka akan terperangah….

  13. Tulus_Budi 14 Januari 2011 pukul 12:04 PM

    yg sama…. spion-nya…..

  14. van der syur 14 Januari 2011 pukul 11:17 PM

    kalo luar kota mah….habitat skywave …:D

  15. absoluterevo 26 Januari 2011 pukul 10:38 PM

    Harga bekas skywave berapaya???? Mas admin tolong di share whaturnuhun mas admin

  16. ivan ovic 30 Januari 2011 pukul 9:40 AM

    dibanjarmasin yg bekasx 8jt ato 8,5an tp yg NR x,,klu slain wrna itu murh mas dbwh 8jt tp hrg dbanjarmasin..

  17. damar sanjaya 2 Februari 2011 pukul 10:03 PM

    salam kenal dr pemakai suzuki skywave NR II. waktu mau beli motor setahun yg lalu sempat bingung/ bimbang, tp berkat habis baca2 spek dr berbagai motor metik akhirnya aku beli si gelombang langit alias skyaweve, bimbang krn banyak konsumen yg lebih tertarik pd motor merek tetangga ( masa bodoh orang lain, kata aku ) TAPI SETELAH MENCOBANYA BARU TAHU KETANGGUHAN MOTOR INI, nyaman & stabil dikarenakan jarak sumbu roda yg lbh panjang, jok lebar, double shok, body atas ma body bawah di buat elastis + berat motor yg 113 kg didukung mesin 125 CC, motor ini semakin power full pada putaran atas, akselerasinya mantap jarak 60 km/j sanggup di tempuh 5,63 detik ( uji akselerasi dr salah satu majalah otomotip ) pengalaman mudik bandung solo aku geber terus tanpa henti kecuali mengisi bensin 3x + 15 menitan untuk sholat duhur ( setiap ada kesempatan / jln sepi aku gas full sanggup 120 km /j pakai pretamak dgn berat badan aku -+ 50 kg ) yg aku acungin jempol dr skywave ini tidak terjadi over head pdhal jarak tempuh lebih dr 450 km, mungkin jg krn ada 2 penyuplay udara + super cvt yg gede.

    • joe 4 Februari 2011 pukul 10:16 PM

      Selamat datang di dunia matic Suzuki yang tiada matinya hahahah……. semakin di atas semakin bertenaga………. semakin lancar jalan semakin irit bahan bakarnya……… inilah SKYWAVE…………

  18. tanto 7 Maret 2011 pukul 11:13 PM

    jadi pingin duwe skywave. sementara masih gantian pake Atlit, MX n LS.

  19. mochammadzq 13 Maret 2011 pukul 7:09 PM

    Salam kenal boz… saya baru dapat Skywave NR II – 2009, yaah udah dipake kurang lebih hampir 1,5 bulan lah.. menurut perasaan dan keinginan hehehe.. sangat2 memuaskan.. mantebz bener dah.. Cuman yang sering jadi masalah, ban dalamnya sering cepet kempis knapa yaah.. udah hampir 3 kali ganti, 1 kali depan 2 kali belakang.. apa karena terlalu berat beban jadi karet ban mudah aus…?? Ada saran ndak boz kira2 gmana..???

  20. Pingback: Mengapa Pilih FXR150, Bukan Hayate125? « kilaubiru >>>

  21. kasamago 9 April 2011 pukul 10:37 PM

    ngiler ama skaiwef jadinya…

  22. bozqy 25 November 2011 pukul 4:59 PM

    ban nya yg sama ya? satu merk kayaknya! IRC

  23. si Oom! 6 Januari 2012 pukul 11:07 AM

    Kayak e asik neh, cobaaa aaah :mrgreen:

  24. Slow_again 28 November 2012 pukul 8:07 PM

    Spionne sama, & plat nomor sama-sama merek kepolisian indonesia

  25. Pingback: Juragan Gelang Jogja - Fashion dan Belanja Jadi Satu

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: