kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

Suara Indonesia Bersama Yamaha di TransTV, Sebuah Strategi Dahsyat Membangun Brand Image

Mulai 19 Oktober 2010 kemarin, setiap Selasa jam 7.15 malam, TransTV menghadirkan acara Suara Indonesia bersama Yamaha, sebuah ajang kompetisi menyanyi berkelompok dari duo, trio, kuarto :mrgreen: bahkan sampai grup paduan suarao 😆 Sesuai namanya, program acara ini disponsori oleh Yamaha yang tentunya dengan angka sponsorship yang tidak sedikit. Saya akan sedikit menganalisis mengenai strategi pemasaran jenis ini, kalo soal acaranya mari nanti malam (2/11/2010) kita nikmati saja 🙂

Oke bro, kita mulai… Pertama kita bahas dulu tentang brand atau merek. Merek adalah bagian terpenting dari suatu produk yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi produk atau jasa, yang membedakan dengan produk atau jasa lain terutama kompetitor alias pesaingnya. Nah, di sini merek jadi nilai tambah, contohnya begini.. Ada 2 botol kecap dengan kuantitas maupun kualitas yang sama, maka kecap yang diberi merek akan lebih dipilih karena dianggap lebih bernilai dan lebih bagus dibandingkan kecap yang tidak diberi merek, walaupun semua kecap nomor 1 :mrgreen:

Selanjutnya, ada beberapa karakter brand atau merek agar menjadi lebih berpotensi menarik konsumen :

  • A quality product, pastinya inilah indikator pertama yang menjadi ukuran kepuasan konsumen.
  • Being first, menjadi yang pertama dalam pasar, bukan dalam teknologi.
  • Unique positioning concept, membedakan diri atau memiliki ciri khas dibanding pesaingnya.
  • Time and consistency, membutuhkan waktu untuk membangun merek secara terus-menerus dan konsisten.
  • Strong communication program, merek harus disertai dengan penjualan yang efektif, pengiklanan, serta promosi yang mengkomunikasikan merek itu.

Kita ambil point terakhir bro, strong communication program, bahasa gampangnya sih pasang iklan 😀 Brand image atau citra merek berarti persepsi konsumen ataupun calon konsumen terhadap jati diri perusahaan atau produsen. Citra perusahaan ini jadi salah satu pegangan konsumen dalam mengambil keputusan. Lalu bagaimana membangun citra perusahaan yang berawal dari citra merek? Strateginya adalah dengan membangun kepopuleran merek dengan komunikasi melalui periklanan. Popularitas inilah yang menjadi kunci membentuk brand image konsumen. Dengan demikian merek tersebut akan tetap terjaga di tengah-tengah maraknya persaingan.

Yamaha dalam hal ini membentuk brand image melalui popularitas suatu acara. Sedikit gambaran, acara Indonesia Mencari Bakat (IMB) Bersama Supermi ternyata telah menduduki peringkat pertama untuk all programs all stations berdasarkan data AGB Nielsen 😯 Tak perlu dibayangkan lagi bagaimana brand image yang diperoleh Supermi hingga akhirnya kembali mengadakan acara IMB 2 Bersama Supermi. Acara Suara Indonesia Bersama Yamaha pun formatnya tak jauh beda dengan IMB, yakni acara audisi dengan durasi 2 jam lebih. Sekalipun format acara tidak berhadapan langsung dengan produk Yamaha, namun cara penonton berpikir tentang sebuah merek otomatis tercipta dalam pemikiran mereka, terutama kata-kata “bersama Yamaha” yang wajib disebutkan untuk menyebut acara “Suara Indonesia” secara lengkap.

Last, jangan lupa Selasa malam nonton Suara Indonesia Bersama Yamaha di TransTV Milik Kita Bersama :mrgreen:

Semoga berguna 😉

kilaubiru >>>

Iklan

31 responses to “Suara Indonesia Bersama Yamaha di TransTV, Sebuah Strategi Dahsyat Membangun Brand Image

  1. and2 2 November 2010 pukul 10:27 AM

    nomor siji…………………

  2. and2 2 November 2010 pukul 10:28 AM

    mongso ketigo… *tp kok udan terus???

  3. and2 2 November 2010 pukul 10:33 AM

    papat kulipat…

  4. and2 2 November 2010 pukul 10:56 AM

    Tim Marketing YMKI memang pintar blusukan cari celah, selangkah di depan….

  5. ardhinugros 2 November 2010 pukul 11:02 AM

    masbro Kilaubiru sekarang jadi FBT (fans boy Trans TV) :mrgreen:

  6. Maskur® 2 November 2010 pukul 11:04 AM

    yamaha…pernah memiliki

    transtv…pernah merasa memiliki.

  7. Wajib 2 November 2010 pukul 12:52 PM

    Maaf mas, yang dimaksud Yamaha disini adalah alat2 musik Yamaha seperti gitar, kibod, dlsb… bukan sepeda Motor merk Yamaha, karena sepeda Motor merek Yamaha gak ada hubungannya sama musik, yang ada hubungannya itu cuman alat2 musik merk Yamaha, kecuali sepeda Motor merk HONDA memang ada hubungannya dengan musik karena memakai icon2 penyanyi seperti Agnes Monica, Nidji, Cinta Laura, dlsb. salam ONE HEART !

  8. blognyamitra 2 November 2010 pukul 1:44 PM

    Begitu mendengar Yamaha orang ngehnya 2 hal yaitu kalo gak motor yah alat musik 🙂 jadi secara umum secara tdk langsung iklan tsb mendongkrak pamor yamaha motor & yamaha musik, toh keduanya kan satu induk juga 🙂

  9. Mercon C alias Mercon Mretelli 2 November 2010 pukul 5:50 PM

    Jadi ntar tagline nya apaan nih?
    jang menang bakal jadi semakin di depan gitu??
    bisa jadi ya… :mrgreen:

  10. raya 2 November 2010 pukul 6:09 PM

    salah satu acara yang pasti saya lewatkan..

  11. thawil 2 November 2010 pukul 8:26 PM

    Wahh… ternyata pas banget sama artikelku yaa… :mrgreen:

  12. cak poer 2 November 2010 pukul 10:09 PM

    salam dari crew 0310011xx 😉

  13. satria_bajahitam 3 November 2010 pukul 12:26 AM

    Emang kalo buat promosi yamaha jagonya,salut buat yamaha..

  14. herliansyach 3 November 2010 pukul 6:41 AM

    mohon suara indonesia lebih selectif memilih juri..apa itu fenita arie,sok bicara soal improv ketukan sgl macem emang dia bs nyanyi..ganti aja dia ama yg emang kompeten bidang vocal..fenita ga bakal dikenal orang kalo ga jd istrinya arie untung!ngaca dunk..apa trans udah ga bs bayar penyanyi tuk jd juri sampe nunjuk fenita si seleb karbitan itu..bull shit fenita..tendang aja dia..basi tau

  15. adjokasep 3 November 2010 pukul 10:54 AM

    oh.. alat musik yamaha tho…..

    btw, ternyata bebek matic pertama di indonesia bukanlah Honda revo AT apalagi Yamaha Lexam..
    tapi NUSANTARA ARJUNA, Matic Cub 50cc 2 Stroke…

    cekidot:

    http://mocinrider.wordpress.com/2010/11/03/nusantara-arjuna-bebek-matic-pertama-50cc-2tak/

  16. alex 3 November 2010 pukul 8:43 PM

    wah sekali mendayung 2 pulau terlampui..jualan motor & jualan alat musik..salut…

  17. singantiya 6 November 2010 pukul 6:27 PM

    waahhh…..ga konsisten atuh ya…
    hm….biasanya kalo g konsisten suka ketetran….
    kayak kerjaan aja kali ya…kalo menjabat 2 jabatan yang berbeda bidang suka g maksimal biasanya…
    jadi ini yamaha yang mana?? yamaha musik ato yamaha motor??

  18. Herliansyach 6 November 2010 pukul 11:17 PM

    males bgt nonton suara Indonesia kalo si seleb karbitan Fenita Arie jadi jurinya.kalo mas Abi atau mbak Sita emang TOP BGT apapun yg dia omongin ya diterima aja oleh peserta.tapi kalo si Fenita yg sok tau soal vocal..puaah.. basi banget.buruan ganti si seleb karbitan itu ama yg competent di bidangnya.inikan SUARA Indonesia bukan acara TAMU TAK DIUNDANG..

  19. tafridefraaz 7 November 2010 pukul 12:13 PM

    semakin di depan….

  20. maRio 11 November 2010 pukul 8:35 AM

    penyanyinya suaranya keren2 lho, kapan bisa nyanyi kayak gtu xixixi

  21. alrozzzi coolrider 2 11 November 2010 pukul 9:15 PM

    Hebat Yah… YMKI emang Josss… Hmmm… apa AHM juga mau tiru2… hmmm… untuk yang baik, gapapa kok :mrgreen:

  22. kiwil 25 November 2010 pukul 9:54 AM

    berarti yamaha ngikut indomie dong…???

  23. meet_hana 30 November 2010 pukul 11:18 PM

    Emang kalo soal strategi marketing, Yamaha udh expert.. dari pemilihan brand ambassador sampe campaign2nya itu ga nanggung2.. gw rasa mereka makan biaya yang cukup besar.. Padahal Honda juga sponsorin acara2 bakat loh kaya IMB dan Indonesian Idol tapi emang belum se-ekspose Yamaha..

  24. mike 2 Desember 2010 pukul 9:14 PM

    waktu audisi ada duet ce sm co yg nyanyiin lagu empire state of mind jayz ft alicia keys… nama grupnya apa ya ? trus mreka nyanyiin lagu apa lagi ya slaen itu ? ada 3 lagu dalam 1 performance klo ga salah… trims

  25. nico 8 Februari 2011 pukul 7:14 PM

    maap saya mau tanya , kapan akan di adakan lagi pendaftaran untuk suara indonesia generasi 2……

  26. acid 3 Januari 2012 pukul 1:55 AM

    kemana para juara n finalis Suara musik Indonesia bersama Yamaha, kenapa mereka tdk pernah di ekspos seperti pemenang IMB

  27. Natalie Scheman 30 Mei 2016 pukul 1:43 AM

    Thank you for every other wonderful post. Where else may anybody get that kind of information in such a perfect approach of writing? I have a presentation next week, and I’m at the look for such info.

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: