kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

Suzuki Titan Sudah Ada Sejak 1969

Bro-bro semua pasti tahu produk baru Suzuki Titan yang belum lama diluncurkan oleh PT. Suzuki Indomobil Sales. Sebenarnya nama Suzuki Titan sudah dipakai sejak tahun 1969, diawali dengan Suzuki Cobra pada 1968… wah..wah… apaan itu?🙄 Garis desainnya kurang lebih mirip dengan Honda 90Z tapi Suzuki Cobra ini pake mesin 492 cc 2 stroke berpendingin udara dengan tenaga 46 hp pada 7.000 rpm, bahkan pada brosurnya saat itu, Suzuki mengklaim sebagai World’s First 500cc Dual-Stroke! Nama lengkap si Cobra ini adalah Suzuki T 500 I Cobra. Eh iya, mesinnya 2 silinder segaris loh…😀

Penerus Cobra, muncul Titan pada tahun berikutnya, 1969. Bedanya ada pada tampilan, tangki bensin, desain jok, side cover, serta penggunaan karburator Mikuni 32 mm, lebih kecil daripada Cobra yang memakai Mikuni 34 mm. Nama lengkap Titan ini adalah Suzuki T 500 II Titan 1969. Tetap dengan mesin 2 langkah berpendingin udara 492 cc 2 silinder segaris. Nah, generasi selanjutnya pada tahun 1970, Suzuki T 500 III Titan 1970. Dengan mesin tetap sama 492 cc, mampu berlari dengan kecepatan 110-120 mph atau bila dikonversi, 177-193 kmh.. wow😯 dengan perhitungan 1 mil = 1,609344 km.

Generasi berikutnya bukan berkode IV, tapi Suzuki T 500 R 1971 dengan logo tulisan Suzuki pada tangkinya. Tahun berikutnya, 1972, kembali update dengan ornamen krom pada side covernya, berkode Suzuki T 500 J 1972. Pada 1973 berdesain baru lagi dengan nama Suzuki T 500 K 1973. Lanjutan dari huruf K tentu L pada Suzuki T 500 L 1974, hingga model terakhir Suzuki T 500 M pada tahun 1975. Model T 500 tutup usia tahun 1975 dengan dilanjutkan Suzuki GT 500.

Sebenarnya panjaaang kalo diceritain lengkap, sedikit mengingat sejarah saja bro🙂 Boleh juga baca lengkap sejarahnya Suzuki T 500. Begitu pula bila tertarik lihat-lihat brosur Titan jaman dulu ada di sini. Teruus, ini beberapa gambar Cobra dan Titan…😉

T 500 I Cobra 1968

T 500 II Titan 1969

T 500 III Titan 1970

T 500 R 1971

T 500 J 1972

T 500 K 1973

T 500 L 1974

T 500 M 1975

Referensi & Gambar : SuzukiCycles.org

Semoga berguna😉

55 responses to “Suzuki Titan Sudah Ada Sejak 1969

  1. lekdjie 2 Juli 2010 pukul 4:41 AM

    jangan2 mesinnya ini yg dipake buat mobil trunthung iku?eh,salah ding..yg buat mobil 3 silinder segaris ya..

    Mesti boros,dg kapasitas 5x suzuki a100..kayak gimana ya tenaganya?

  2. Maskur® 2 Juli 2010 pukul 5:50 AM

    Keduaxxxxxxxxxxxxxx
    wah motor 2 tak 500 cc
    eudyan borosse

  3. jin galon 2 Juli 2010 pukul 7:18 AM

    wihh.. Yang kuning taun 69 keren bener diliatnya…

  4. eltr/kentung 2 Juli 2010 pukul 7:33 AM

    2tak 46dk remnya tromol………sok depan parkit[koyone]gak kebayang nak ngebut trus ujuk2 ono wedus nyebrang klunah klunuh koyo ra nduwe duso ………….wes langsung gubrak………………….

  5. sa469 2 Juli 2010 pukul 8:39 AM

    glorious era of 2 stroke…

  6. apdri 2 Juli 2010 pukul 9:19 AM

    jaman itu tidak ada desain runcing…
    semuanya serba oval atau bundar: lampu, mata kucing, spion, speedometer, spatbor…🙂

  7. blognyamitra 2 Juli 2010 pukul 9:43 AM

    Kalo Titan yg ini kepanjangannya apa yah ?

  8. one08 2 Juli 2010 pukul 10:16 AM

    sensasi 2 stroke, tiada tandingannya!😀

  9. SkyrideR 2 Juli 2010 pukul 10:46 AM

    ada ng di indonesia…?😀

  10. nunoe 2 Juli 2010 pukul 12:48 PM

    sadissss….
    2 tak 500cc 2 silinder…
    kenceng + boros😀

  11. arie sesat 2 Juli 2010 pukul 2:42 PM

    satu lagi motor baru yang pake nama motor klassik

  12. alrozzzi coolrider 2 2 Juli 2010 pukul 4:07 PM

    ❓ lha ini bintang iklannya gimana kalo ngomong?

    kalo titan 115 kan; prikitiew….

    kalo ini:❓❓❓❓

  13. namakugusti 3 Juli 2010 pukul 6:30 AM

    waduh….keren banget tu motor tapi sayang sekali sampai kini gue belum berani naik motor….karena gue udah terbiasa naik bebek dan agak2 canggung gunain kopling (jadi malu nih….)….Salam kenal dan persahabatan dari kalimantan…….

  14. Arief 3 Juli 2010 pukul 1:47 PM

    wahh,,,,,,,sgt classic, y,,,
    thanks infonya.
    knjungi jg blog saya :

    areeve

    blog detik
    slm knl,,,,,,,

  15. asmarantaka 3 Juli 2010 pukul 3:44 PM

    seharusnya ini yg diproduksi Suzuki sekarang…kerenn…. 500 cc 2 tak…Ninja KO…xiixix:mrgreen:

  16. sastro 3 Juli 2010 pukul 8:09 PM

    ninja lewat….
    Prikitiew…..:mrgreen::mrgreen:

  17. hadiyanta 4 Juli 2010 pukul 12:50 PM

    biar enggak kena undang undang HAKI

  18. jahe erka 5 Juli 2010 pukul 8:40 PM

    ahhh jebule motor batangan tur ber-cc gede ya pendahulunya,xixix, tp apik lho vintage klasik!

    http://remcakram.wordpress.com/

  19. herman yap agwen 5 Juli 2010 pukul 9:46 PM

    manis, ganteng, cakep !!!!!!

  20. edo 8 Juli 2010 pukul 7:20 PM

    kalau punya motor antik mesti pinter ngerawat, jangan sampai raib, sayang banget. btw, ini cara mencegahnya. klik aja http://edorusyanto.wordpress.com/2010/07/08/tips-cegah-pencurian-motor/

    trims ya bro

  21. A Seen 12 Juli 2010 pukul 10:10 AM

    wah jadi pengen ama titan jadulnya uantik banget

  22. Kidu 14 Juli 2010 pukul 11:14 AM

    absen aj mas bro…🙂

  23. Boombox Walker 31 Desember 2010 pukul 10:51 AM

    wedeh, sering muncul dipilemnya rano karno deh. hehehehehehe

  24. suzuki semarang 14 Desember 2012 pukul 6:42 AM

    Motornya bagus bener, naksi saya.
    http://suzukidealermobil.blogspot.com

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: