kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

Tugu Jogja Runtuh!

Tugu megah setinggi 25 meter sebagai poros Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta, dan Laut Selatan itu tiba-tiba runtuh.. ratusan orang meninggal dunia, banyak yang kehilangan keluarga dan saudara😥 Pemandian Taman Sari juga rusak cukup parah akibat gempa bumi dahsyat pada hari Senin, 10 Juni 1867. Kemudian tahun 1889 Pemerintah Belanda membangun kembali Tugu dengan ketinggian hanya 15 meter dengan bentuk yang berubah hingga seperti yang terlihat saat ini.

Awal pendirian Tugu oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I tahun 1756 berbentuk Golong Gilig, yaitu tiangnya berbentuk gilig (silinder) dan puncaknya berbentuk golong (bulat) sebagai penggambaran Manunggaling Kawula Gusti, semangat persatuan rakyat dan penguasa untuk melawan penjajahan. Sejak direnovasi Belanda tahun 1889, Tugu dibuat dengan bentuk persegi dan puncak tugu tak lagi bulat tetapi berbentuk kerucut dengan warna dominan putih sehingga disebut juga De Witt Paal atau Tugu Pal Putih. Sebenarnya ini adalah taktik Belanda untuk menghapus persatuan antara rakyat dan raja dengan mengubah simbol yang awalnya dibangun.

Namun upaya itu tidak berhasil karena perjuangan rakyat dan raja di Yogyakarta tetap bersemangat bersatu melawan penjajah. Dan sayangnya pula, tidak banyak yang tahu bahwa bentuk asli Tugu Yogyakarta adalah sebagai monumen persatuan rakyat dan pemimpinnya. Maka mulai dari sekarang, sebagai bagian dari Yogyakarta, Indonesia, dan dunia, mari kita jaga Tugu yang begitu indah ini dengan mengenang makna filosofisnya, serta mendengungkannya kepada seluruh dunia🙂

Tugu Golong Gilig - De Witt Paal

Tugu Golong Gilig - De Witt Paal

Tugu Jogja Saat Ini

Referensi dari berbagai sumber.

Baca juga :

Kata Orang, Jogja itu Ngangenin

➡ Djogdja Tempo Doeloe…

Eksotisme Alun-Alun Selatan Jogja

Semoga berguna😉

35 responses to “Tugu Jogja Runtuh!

  1. Maskur 16 Juni 2010 pukul 12:45 AM

    sayang saat ini penjualannya jatuh, padahal motornya canggih🙂

  2. Maskur 16 Juni 2010 pukul 12:47 AM

    pan aya poto sujuki na.

  3. Moko 16 Juni 2010 pukul 12:52 AM

    Suzuki ikut runtuh karena gempa kali..

  4. Moko 16 Juni 2010 pukul 12:56 AM

    Renov terakhir jalan sekitarnya ditinggiin maksudnya apa ya? Kendaraan lewat yg bener naik ato nghindarin?

    • kilaubiru™ 16 Juni 2010 pukul 8:37 PM

      ada portalnya berarti ga boleh lewat bro, tapi kalo yang tepi2 itu ya emang mau ga mau biar pengendara memperlambat kendaraannya saat lewat situ…
      cmiiw😉

  5. SkyrideR 16 Juni 2010 pukul 6:51 AM

    yg moto habis dr pizza hut.. :mrgree:

  6. Shumy 16 Juni 2010 pukul 7:29 AM

    Asem,deg-degan mbaca judule…tak kiro….:-S

  7. blognyamitra 16 Juni 2010 pukul 8:24 AM

    Wah kirain ada apa hehehe….. nyari2 di internet koq gak nemu berita tugu jogja runtuh

  8. lexy 16 Juni 2010 pukul 11:02 AM

    O..gitu to sejarahnya.. maturnuwun mas.
    Baca judulnya ketipu juga sih..kirain tugu yg sekarang itu runtuh..

  9. nadi 16 Juni 2010 pukul 11:23 AM

    Wah, padahal apik sing model bulat kuwi lho.. Lebih mistis😀

  10. asmarantaka 16 Juni 2010 pukul 12:06 PM

    sponsornya Suzuki….xixix…Suzuki emng selalu Up-To date…xixixi:mrgreen:

  11. lekdjie 16 Juni 2010 pukul 2:33 PM

    manunggaling kawulo gusti:menyatunya rakyat dg rajanya-kalo ini saya setuju,bukan menyatunya mahkluk dg penciptaNya kan?

  12. jahe 16 Juni 2010 pukul 3:35 PM

    oh tak kira yg sekarang yg runtuh, jebule udah lama toh😀

    @asmarantaka, bener sponsornya Suzuki scr yg punya warung jg punya hehehe

    http://remcakram.wordpress.com/2010/06/16/yang-bakal-laris-dari-kawasaki-d-tracker-150-supermoto/

  13. bodats 16 Juni 2010 pukul 8:14 PM

    jiakakakaka….
    parah, kirain runtuh beneran…
    secara gue dah kangen sama jogja…
    kangen makan mie ayam di deket tugu yang murah meriah dan enak…
    kangen mesen kupi dan duduk di kursi kayu di trotoar yang menghadap tugu…
    kangen juga sama gudeg mbok Sum (atau Jum?) yang dekat tugu…
    ah jadi kangen jogja…..

  14. snalpot99 16 Juni 2010 pukul 9:28 PM

    tak kira runtuh tenan jebul jaman mbiyen😀

  15. Shumy 17 Juni 2010 pukul 6:07 PM

    Hihihi….jebule nang indomotoblog okeh wong jogja ya?!:-D:-D:-D

  16. phantomxy 18 Juni 2010 pukul 12:32 AM

    woalaaaaah tahun 1867 tho? tak kiro ambruk-e sak iki.

  17. Lutse 3 Oktober 2010 pukul 12:36 PM

    Hallo Mas salam kenal.
    makasih info sejarah yang sangat berguna…..
    kalau ada buku tentang berdirinya tugu golong gilig judul dan bisa baca dimana?
    Wah….. Mas makasih sebelumya.

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: