kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

Hari Kartini, Karena Wanita Ingin Dimengerti

21 April 1879, hari lahir seorang wanita yang harum namanya, oleh Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964 ditetapkan 21 April sebagai Hari Kartini sekaligus menetapkannya sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional. Lalu Kartini ngapain sih kok bisa jadi pahlawan? Ya… ingat kembali pelajaran sejarah yuk 🙂 Pemikiran Kartini saat itu mencoba menjebol benteng anggapan bahwa wanita itu hanyalah sebagai “kanca wingking” dalam bahasa Jawa yang artinya secara harafiah teman di belakang. Jadi, zaman dulu wanita tidak perlu bahkan tidak boleh sekolah tinggi-tinggi, toh kerjanya hanya di dapur melayani suami…

Masa sekarang seiring pula dengan perkembangan zaman, emansipasi wanita mutlak diperlukan. Coba saja bayangkan bila wanita hanya boleh melayani suami di rumah, tidak boleh kerja, maka ga mungkin ada umbrella girl wanita.. eh.. pasti adanya umbrella boy :mrgreen: Hehe… Saat ini, tak heran pekerjaan yang dulunya hanya bisa dilakukan pria justru wanita lebih terampil dan cekatan.

Soal motor, satu atau dua dekade lalu… *flasback* 😀 seorang wanita mengendarai motor bisa dibilang tabu, tomboi, dan tidak feminin. Hanya segelintir wanita tangguh yang mampu bertahan dari anggapan orang di sekitarnya. Namun, setelah diciptakan slogan motor yang mengerti wanita, pelan-pelan anggapan itu mulai terkikis.. Wanita menjadi sasaran awal yang prospektif dalam penjualan motor, khususnya skuter matik. “Motornya wanita” itupun sekarang justru banyak pria yang memakainya, entah karena kepraktisannya, atau karena trend :mrgreen: Sampai kapanpun, wanita harus dimengerti, karena bro-bro semua pasti butuh wanita yang mampu memenuhi kebutuhan pria dan sebaliknya. So, bila di jalan bertemu wanita yang mengendarai motor namun cara berkendaranya kurang enak bagi pengendara lain, sabar bro.. tegur dengan lembut karena bagaimanapun juga wanita memiliki sisi perasaan yang lebih dominan, bukan logika.

Wah, bahasanya susah ya.. hehe… yang penting, sekarang zamannya emansipasi wanita, perbedaan gender tak perlu terlalu dipermasalahkan. Tapi yang jadi masalah bila seorang pria tidak hanya pake “motor wanita” tapi juga baju wanita :mrgreen: simak gambar ini, just for smile 🙂

Referensi : Wikipedia
Foto : Dokumentasi si Kuning 😀

35 responses to “Hari Kartini, Karena Wanita Ingin Dimengerti

  1. snalpot99 21 April 2010 pukul 12:05 AM

    kalau kartini pakai pertamaxx ga ya? 😀

  2. one08 21 April 2010 pukul 12:10 AM

    pulang ronda buka WordPress ada Kartini, eee…! lihat yang paling bawah ada barisan “Kartono” :mrgreen:

  3. dimana anakku...??? dimana istriku...??? 21 April 2010 pukul 12:10 AM

    wallaaaagh…. si kuning ada pesan KB….. :mrgreen:
    *@gambar pertamaaaax…. dua anak cukup laki perempuan sama saja…..

  4. lekdjie 21 April 2010 pukul 4:23 AM

    Kalo menurutku sih,kartini bakal menangis jika melihat jaman sekarang…faktanya,wanita sekarang lebih berani menentang suami,lebih berani membuka auratnya,bahkan lebih berani membuang dan membunuh bayinya…lebih mudah ‘dimengerti’ sehingga lebih mudah dikibuli juga…yg kebanyakan malah orang-orang yg terpelajar-seperti yg dicita-citakan beliau,yg sudah mengecap pendidikan,dari smu-bahkan perguruan tinggi..

    Mungkin dulunya dulu,wanita disuruh di rumah saja untuk menjaga kehormatannya,menjaga kehormatan keluarganya,untuk mendidik putra-putrinya..tapi,sekarang…,wanita merebut suami orang lain pun bangga,wanita yg melahirkan tanpa suami saja bisa konferensi pers,belum lagi ibu yg mengajak anaknya untuk bunuh diri atau membunuh orang lain..

    Hehehe maap ya..emansipasi sih boleh2 saja.tapi klo kebablasen ya begini adanya.
    Kalo ada mbak2 yg tersinggung maap banget lo..permisi..

  5. hadiyanta 21 April 2010 pukul 5:26 AM

    wanita itu tak mau mengerti dan sulit dimengerti

  6. alrozi 21 April 2010 pukul 5:58 AM

    aha… lagunya Ada Band; karena wanita ingin dimengerti.. 😛

    ewh, sama seperti bang One kok ada Kartono megang megi… xixixi 😛

  7. Ha Ge 21 April 2010 pukul 8:02 AM

    @alrozi
    lho….yang naik megi itu kartono yah ??? wahh ternyata punya nama lain juga 😆 itu nama siang apa nama malem ???

  8. Supra XX 21 April 2010 pukul 8:28 AM

    MET HARI LAHIR ke 18 BUWAT DIK FITRI WULANDARI
    SEMOGA SEHAT SELALU DALAM LINDUNGAN ALLAH SWT

    (dan terbebas dari godaan KB…..)
    hehehehe_

  9. dhuwursblog 21 April 2010 pukul 9:45 AM

    sing go blangkon ndhuwur dewe, karo sing numpak megi pret sama gak sih? 😀

  10. blognyamitra 21 April 2010 pukul 10:14 AM

    selamat hari kartini………

  11. SkyrideR 21 April 2010 pukul 3:08 PM

    dik fitri, klo pake jilbab makin manis deh.. -ngodain mumpung yg punya warung lg belajar pake kebaya- :mrgreen:

  12. asmarantaka 21 April 2010 pukul 3:40 PM

    wahh….seng dadi model propertine dwe…xixiixixixix :mrgreen:

  13. asmarantaka 21 April 2010 pukul 7:44 PM

    @Lilypud: saya kan masih ABG….jelas kelihatan dari tampang saya….xixixiixixiix :mrgreen:

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: