kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

Efektifitas Survey Konsumen AHM Dengan Angket Berhadiah

Salah satu sumber informasi untuk bagian Research & Development pabrikan, dalam hal ini AHM, adalah melalui angket yang diisi oleh konsumen. Setiap pembelian unit sepeda motor Honda dilengkapi dengan helm SNI, buku servis, buku manual, serta angket berhadiah souvenir Honda. Loh, angket? Yang mana ya..? Itu loh, yang berisi pertanyaan-pertanyaan seputar sepeda motor dan bila dilipat menjadi seukuran kartu pos yang bebas bea kirim melalui pos ke AHM di Jakarta.

Angket secara garis besar berisi pertanyaan tentang data diri konsumen, alasan membeli motor, kebiasaan berkendara, serta opini yang berkaitan dengan media dan iklan. Contoh pertanyaannya, “Alasan anda membeli sepeda motor yang anda beli?” serta “Alasan anda tidak membeli sepeda motor pembanding?” dan seterusnya yang menyangkut riset dan pengembangan produk sepeda motor, yang tentunya bersaing dengan pabrikan lain.

Angket ini pun diberikan iming-iming hadiah souvenir Honda untuk 500 pengirim pertama tiap bulan. Namun, IMHO, jarang konsumen yang mengirimkannya kembali walau dikirim tanpa prangko, dengan alasan tidak tahu atau bahkan cuek saja. Apalagi hadiah diberikan hanya kepada 500 pengirim pertama tiap bulan, yang menurut logika saya, bila saya membeli pada pertengahan atau akhir bulan, kesempatan saya makin kecil untuk mendapatkan hadiah. Untuk saran, sebaiknya proses pemberian hadiah dilakukan pengundian secara perodik bulanan atau tiga bulanan dan diumumkan di dealer terdekat. Kemungkinan angket yang diisi oleh konsumen akan “kembali” dalam jumlah lebih banyak, dan pada akhirnya proses R&D lebih efektif.

angket konsumen🙄

Semoga berguna😉

37 responses to “Efektifitas Survey Konsumen AHM Dengan Angket Berhadiah

  1. alrozi 27 Maret 2010 pukul 5:14 AM

    semua memang kembali kepada yang dikasih angket…😛
    ada yang menganggap penting, sehingga langsung diisi dan dikirim…
    ada yang menganggap kurang penting…
    ada yang menganggap kareha hadiah semata…😛

    golongan nomor 1 itu saya
    golongan nomir 2 dan 3 itu bro KB😀

    wkwkwkwkwk… om, syukuran dong… kok ganti nama🙂

  2. one08 27 Maret 2010 pukul 6:04 AM

    saya tidak termasuk golongan nomor 1, 2 maupun 3.😀
    karena belum pernah beli motor baru buatan AHM:mrgreen:

  3. one08 27 Maret 2010 pukul 6:07 AM

    kok komenku ra muncul yo? aneh iki!

  4. SkyrideR 27 Maret 2010 pukul 6:21 AM

    Dulu aku jg punya 2. Yg sampe skrg belum gw kirim. Ng sempet.. males2an gitu.

  5. anddeep 27 Maret 2010 pukul 10:00 AM

    Kalo hadiahnya celengan pasti bnyk yg ngirim tuh.

  6. asmarantaka 27 Maret 2010 pukul 3:28 PM

    ah mending masang nomer weee broo…podo2 iseng2 berhadiah…..xixixixiixixi:mrgreen:

  7. CBR_neh 27 Maret 2010 pukul 4:27 PM

    Kok ane beli CBR gak ada angketnya ya?😀

  8. lekdjie 27 Maret 2010 pukul 6:52 PM

    blum pernah beli montor anyar cap honda..jadi blum pernah ngirim angket..

  9. Roby 27 Maret 2010 pukul 8:49 PM

    Pnya aq ora tak krm mas…….

  10. nick69 27 Maret 2010 pukul 9:40 PM

    Saya kok ga dpet gmn neh
    *celengan:mrgreen:

  11. blognyamitra 29 Maret 2010 pukul 8:25 AM

    Surveynya dihubungi via tlp mungkin lebih efektif…..

  12. Stevan 29 Maret 2010 pukul 5:32 PM

    Habis ambil motor baru ya?

  13. BULETIN 29 Maret 2010 pukul 10:41 PM

    Salam kenal mas bro!
    Aku blum pernah beli motor buatan AHM jadi ya tdk th kalau ada angket!

  14. asmarantaka 30 Maret 2010 pukul 3:28 PM

    nomer togel….xixixixixixi….:mrgreen:
    tapi nomer hp yo iso…sopo ngerti entuk nomer hp ne janda kaya…..xixiixixiiixixiixxi:mrgreen:

  15. mario ^_^ 1 April 2010 pukul 9:06 AM

    seharusnya langsung saja survei semacam interview gtu, lebih bisa capai target tuh…..

  16. Acus 29 Maret 2014 pukul 2:14 PM

    Beli motor nya 2010 , sayang saya baru baca skrg, gk tau daleman ny survei gt. . Nyesel gk di buka/baca dulu. . pngen ngasi info aja ma pabrikan alasan saya beli produk nya

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: