kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

Protes Pada Iring-Iringan Moge

Judul artikel ini menggambarkan isi suara pembaca melalui SMS yang dimuat pada harian Kedaulatan Rakyat hari ini tanggal 25 Maret 2010. Berikut saya kutip sesuai aslinya😉

Halo pak Polisi, kenapa Motor Gede (Moge) harus diistimewakan di jalanan? Kenapa setiap ada iring-iringan MoGe pengguna jalan yang lain disuruh menepi? Bagaimana kalau kami semua tidak mau? Padahal kepentingan umum kan harus didahulukan! Mohon penjelasan. +628783940xxxx

kolom suara rakyat Harian KR🙄

Okelah, bila dilihat dari sisi orang awam seperti saya, iring-iringan alias konvoi moge seperti yang disebut di atas memang cukup mengganggu, apalagi bila tidak minggir, suara klakson dan deru mesin bagai berteriak-teriak menendang telinga. Saat lagi riding santai pun jadi merasa seperti terburu-buru. Selain itu, protes yang dimuat di media seperti itu bukan kali ini saja, mungkin sudah tak terhitung karena tanggapan dari pihak yang terkait rasanya belum memuaskan.

Di sini saya tidak membela salah satu karena memang tidak ada permusuhan. Saya hanya mencoba memberikan informasi atau sekedar gambaran. Bahwa mengendarai moge itu tidak gampang. Perlu kondisi fisik prima dan keterampilan lebih untuk mengendarai kendaraan roda dua bermesin ribuan cc. Bandingkan dengan sepeda motor yang banyak dipakai di jalanan hanya berkisar 100 – 200 cc saja, dengan sepeda motor 800 – 1800 cc, serasa mengendarai motor bermesin mobil. Nah, hubungannya dengan kenapa harus minggir, ya sama-sama demi kelancaran dan keselamatan bersama. Motor gede bila jalan pelan cukup merepotkan terutama masalah keseimbangan. Kesenggol sedikit saja bisa celaka. Biasanya pengendara moge yang mencoba mendahului motor ber-cc kecil, dan kebetulan jaraknya sangat dekat, mereka akan dengan sopan memegang pundak kanan pengendara motor yang akan didahului, untuk diminta menepi sebentar.


Semoga berguna😉

Sumber kutipan : Harian Kedaulatan Rakyat

65 responses to “Protes Pada Iring-Iringan Moge

  1. bennythegreat 25 Maret 2010 pukul 12:17 PM

    pertamaxxx…

    memang buat yang melihat akan timbul rasa iri dan kalau sudah begitu kalau si moge-ers bikin salah langsung deh dilampiasken..

  2. kentadis 25 Maret 2010 pukul 12:50 PM

    Biarken saja lah..
    Toh motor jg motor pny mereka, kalo kecelakaan jg mereka sndiri yg nanggung..
    Lgian kalo suatu saat qta pny moge, pgn turing, psti jg dikawal polisi n diistimewakan di jalan
    Tul ga?

  3. Ekektra/kenthong 25 Maret 2010 pukul 1:25 PM

    bingung mau coment…
    tapi bukan moge saja…
    motor kecilpun kalau turing seperti itu juga…suka suruh minggir pengguna jalan yg lain…

  4. Maskur masih Ngeblog Pake Hp dengan Wordmobi 25 Maret 2010 pukul 1:30 PM

    OKe dari statement itu mengendarai moge memang berat,
    karena pemilik moge adalah orang mampu, maka mereka juga mampu membeli meminta pengawalan..

    tapi mereka kan dalam rangka mencari hiburan, having fun, dan barangkali diantara yang disuruh minggir itu mempunyai kepentingan yang sangat mendesak

    Gimana kalo begitu?

    • kilaubiru 25 Maret 2010 pukul 8:32 PM

      saya tulis artikel ini pengen memancing komentar seperti bro maskur🙂
      di jalan pasti kita sama2 punya kepentingan, kita seharusnya berbagi jalan yg memang bukan milik sekelompok orang itu.

      thanks bro😉

  5. pak bams 25 Maret 2010 pukul 2:19 PM

    lewat depan Rumah Sakit juga ngebut dan geber- geber, arogan stadium 4

  6. asmarantaka 25 Maret 2010 pukul 2:58 PM

    gni aja….coba sampeyan bawa telur busuk…satu kresek kalo bisa….(buat cadangan)…..trus lempar salah satu anggota konvoi tuh pake telur busuk…..(lempar yg ditengah2 rombongan)…..trus sampeyan gas motor kuenceng2 masuk kegang sempit yg cukup dilewati motor kecil….dijamin dah dia dapet pelajaran…….hehehhehehhehe……..😉

  7. SkyrideR 25 Maret 2010 pukul 3:10 PM

    Ng tau klo besok gw jg punya moge. Apakah jg bakal arogan jg.?

  8. jahe 25 Maret 2010 pukul 3:51 PM

    hehe..no komeng!sy jg prnh ngalamin mau moge,metik,bebek,laki klo pas konvoi sama aja sama-sama arogannya,klakson,geber knalpod,ngacung2in light stick dll
    sy udah maklum!namanya jg lg banyak temennya!coba klo sendiri?

  9. andew endrow 25 Maret 2010 pukul 4:16 PM

    konvoi moge kayak konvoi orang yang nganter jenazah….
    sama-sama arogan.

  10. one08 25 Maret 2010 pukul 6:58 PM

    yang penting sebagai sesama pemakai jalan tetap harus menggunakan rasa tenggang rasa, tepo seliro dan tak lupa safety riding, urusan arogan atau nggak kembali ke manusianya kok! tapi sifat asli manusia memang mudah muncul/terlihat jika adanya kepentingan yang timbul secara bersama-sama dan dilakukan secara bersama-sama pula. contoh sudah disampaikan bro Jahe. contoh lain adalah konvoi suporter sepakbola, kalo lewat bergerombol gayanya udah kaya’ jagoan, pas lewat sendiri kaya tikus clurut! ngaciiiirrr!!!!:mrgreen:

  11. softpack 25 Maret 2010 pukul 7:29 PM

    Biasanya pengendara moge yang mencoba mendahului motor ber-cc kecil, dan kebetulan jaraknya sangat dekat, mereka akan dengan sopan memegang pundak kanan pengendara motor yang akan didahului, untuk diminta menepi sebentar. <— kalo nepuknya pake kecepatan di atas 100 kpj ya gak nepuk namanya.. tapi gaplok… bisa jatoh jumpalitan tuh..

    • kilaubiru 25 Maret 2010 pukul 8:48 PM

      hehe… gini bro, saya tambahkan, hal itu hanya dilakukan diawali dengan berjalan berjajar dengan kecepatan yg sama dengan pengendara motor yg akan didahului, biasanya pada ruas jalan yg tak terlalu lebar plus konvoy moge yg jumlahnya bisa diitung jari dan tanpa pengawalan.
      cmiiw😉

  12. alrozi 25 Maret 2010 pukul 9:14 PM

    hmmm…. cerita dikit yak?😀

    ngemeng-ngemeng ttg iringan…
    tahun 2006 saya pernah mengantar Mendiknas meninjau ke bebarapa lokasi gempa di DIY… protokoler banget😛 dan memang waktu sangat diperhitungkan disana, maklum jadwal Beliau memang padet..

    saat itu voorider memakai Yamaha FJR [FJR 1300 ato apa ya?, lupa] dan memang acaranya striping dari UGM-SD Jetis-SLTP N Sewon-Bambanglipuro-Jetis lagi, intinya mumetz😛 dan karena memang sudah diatur, menurut saya wajar saja… Voorider juga sangat bijak mengatur jalan…

    naagh, mengenai tema moge, sebenernya gak moge aja lho mas bro… kasihans aja pemilik moge jadi kambing hitam, bahkan banyak juga pemilik moge yang baik…

    sori malah oot, pengen cerita saja kok🙂

    • kilaubiru 25 Maret 2010 pukul 9:29 PM

      betul bro… soal moge, seperti kalimat terakhir artikel ini, tak sedikit yg berlaku sopan di jalan, sering saya bareng mereka di jl.kaliurang abis maen golf.. hihihihihi:mrgreen:

    • jahe 26 Maret 2010 pukul 1:45 PM

      loh klo presiden, pak menteri atao pejabat memang sudah ada aturannya om,dan setahu sy memeng diperbolehkan…ini yg dibahas kan yg bukan masuk dalam lingkup spserti itu

  13. adul 25 Maret 2010 pukul 9:17 PM

    Setujuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu
    jalan milik umum
    harus mendahulukan kepentingan umum
    bukan kepentingan dompet….
    betul enggak pak Pulisi?

  14. asmarantaka 25 Maret 2010 pukul 9:30 PM

    wehh….adil tenanan sampeyan….xixixiixixixi:mrgreen:

  15. aeroslim 25 Maret 2010 pukul 10:54 PM

    kan pajak moge lebih gede so mungkin mereka2 merasa dilebihkan…

  16. nunoe 25 Maret 2010 pukul 10:56 PM

    itulah kenapa saya gak gitu suka jalan konvoi…prever alone rider..ngga ada target kudu ngikutin siapa😀

  17. Kurnia_Pro 26 Maret 2010 pukul 5:21 AM

    Pengendara moge byk yg anggap tu jalan pny ndri,dl pernh lht ibu2 pk Grand dh jln dpnggr,dr blkng d rmbngn *D geber2 nyrh ibu2è minggr. Mesakè mpe jalan dlwr aspl gronjal2.

  18. merah jago 26 Maret 2010 pukul 7:39 AM

    lha podo wae kaya, klo naek motor jan benci tenan sama mobil yg gede ngeribetin jalan. giliran naik mobil suebel banget sama motor yang ‘saudele’ selap selip sasa’e….
    iyo opo ora?

  19. norkuys 26 Maret 2010 pukul 8:35 AM

    gak moge gak mocil gak mobil, semua orang mempunyai hak dan kewajiban yang sama dijalan.

    tapi kalo orang yang BERKENDARA UNTUK KESENANGAN DI AKHIR PEKAN meminta prioritas yang lebih dari orang yang BERKENDARA UNTUK CARI MAKAN TIAP HARI SIANG MALAM, hati nurani saya ndak setuju.

    • anddeep 26 Maret 2010 pukul 9:26 AM

      Setuju gan

    • a'lilin 26 Maret 2010 pukul 9:32 AM

      saya setuju dengan pendapat anda. bener2 gak adil jika hanya untuk kesenangan segelintir orang kaya, tapi meminta prioritas lebih dibanding pengguna jalan lain. kalo alasannya moge itu berat bawanya, ya jangan bawa moge dong. plese deh, segala sesuatukan pasti ada konsekuensinya, kalo bawa moge ya mesti siap dong dengan susahnya bawa moge dijalanan indonesia.

    • kilaubiru 27 Maret 2010 pukul 12:11 AM

      sip..sip…
      thanks bro.. moga yg bersangkutan baca ini😉

    • haicy 8 April 2010 pukul 10:48 AM

      setuju banget bos….

      kalo memang mengendarai moge sulit n tidak cocok di lalu lintas jakarta, y g prlu moge2an…intinya kita perlu empati n beradaptasi dg lingkungan sekitar…

  20. Lilypud_suka.design 26 Maret 2010 pukul 11:39 AM

    ya begitulah…ckckck…karna itu saya hampir ditabrak rombongan HD di perempatan..ckckck

  21. softpack 26 Maret 2010 pukul 2:36 PM

    sudahlah.. gak usah mencari kesalahan dan pembenaran satu sama lain.. asal dari pribadi masing2 tetep ada rasa bertoleransi dan tepo sliro.. mugo2 gusti allah memberi yang terbaik buat kita semua…

  22. dobelden 26 Maret 2010 pukul 5:43 PM

    brarti kasian ya yg bawa moge, keberatan😀 jalan ga bisa pelan… apa sebaiknya sediakan jalan khusus moge

  23. abasosay 26 Maret 2010 pukul 6:47 PM

    gini bro…

    menurut pendapat ane sih, pengendara moge itu kegedean motor… jadinya susah ngendaliinnya… karena susah ngendaliinnya maka pengendara motor lainnya diminta minggir agar ga keserempet… soalnya kecelakaan tunggal pengendara moge saja bisa membuat pengendaranya tewas kok… apalagi klo kecelakannya nyerempet motor yg kecil…

    jadi gw mending minggir aja dah… biar yg naik moge aja yg tewas…:mrgreen:

  24. shilla 26 Maret 2010 pukul 8:29 PM

    yahh begitulah,kalo motornya bebek dibilang kampungan..
    kalo motornya gede dibilang arogan!!! beda kasta beda nama,aslinya podo wae….norak!!!!!
    pinjam tulisan bro Arie slight,apapun motornya kendarai dengan penuh tanggung jawab.

  25. Komengtator 26 Maret 2010 pukul 11:45 PM

    Kalo ane diminta minggir seh ga masalah asal mereka meminta dgn sopan dan simpatik…
    Tapi ane pernah juga ada pengendara moge yg nyuruh minggir dgn cara kasar, dgn klakson “tot.. tot..!!!” gas dibleyer-bleyer keras,dan pasang tampang beringas… Rasanya pgn ane lempar batu tuh biker…

  26. Stevan 29 Maret 2010 pukul 5:38 PM

    Gak moge, nggak mobek, nggak mobil, dll.. kalo lagi touring dgn rombongan sering muncul “arogansinya”..

  27. kodok 31 Maret 2010 pukul 9:52 AM

    Yg ngocol dan petakilan serta tdk mendahulukan kepentingan umum di jalan hrsnya di “Basmi” oleh penegak hukum mau mocil ke’ ato moge ke’….hajar semua.

  28. hadiyanta 9 April 2010 pukul 9:25 AM

    aku kemarin saat pulang dari surabaya, pas di Klaten-jogja yang jalannya lapang, eh ada sirine, okelah aku minggir karena dalam pikiranku itu ambulan, tapi lhadalah jebul ada empat moge ngebut aku kurang tahu mereknya, tapi bentuknya kayak honda goldwing, pokoknya sejenis itu, sudah bar maghrib jadi agak gelap. yo wis sing rindik ngalah.

    • kilaubiru 9 April 2010 pukul 10:38 AM

      yah.. begitulah bro… menyalahgunakan sirine yg hanya digunakan untuk darurat atau kepentingan khusus. biarkan penegak hukum yg mengambil tindakan🙂

  29. kancane indro 25 Juni 2010 pukul 4:49 PM

    Lha paling-paling pak Sulipi yo gak berani nangkep moge…… sing diperasi ya mung motor cilik2 aja. Padahal kalo yg naik moge itu surat-suratnya gak lengkap, kalo ditangkep, salam tempelnya kan gueeeeeede tanan.

  30. endah 30 Januari 2014 pukul 10:00 AM

    menurut ane…. biar aja lewatnya kan gak tiap hari, ngasih jalan beberapa detik kan gak papa, kecuali, tiap hari, bikin ulah kayak geng motor baru…..gak tau diri dia

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: