kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

Motor Pertama di Dunia, Begini Bentuknya…

Hildebrand & Wolfmüller, sepeda motor pertama di dunia yang dibuat tahun 1894. Dikembangkan oleh Heinrich dan Wilhelm Hildebrand di Munich, Jerman. Lalu mengapa Hildebrand & Wolfmüller disebut sebagai sepeda motor pertama? Bukannya yang pertama Gottlieb Daimler? Yah, Daimler pada tahun 1885 memasang mesin pada sasis sepeda, bukan desain sepeda motor sepenuhnya. Walaupun sudah ratusan tahun lalu, ternyata teknlogi yang digunakan sampai saat ini masih dipakai seperti mesin twin-cylinder, 4 langkah, berpendingin air, serta surface carburator.

Bersumber dari Wikipedia, contoh ada saat ini di Deutsches Zweirad-und NSU-Museum di Neckarsulm, Jerman, Science Museum di London, The Henry Ford di Detroit, Michigan, Wells Auto Museum di Wells, Maine, dan Museum Lalu Lintas di Surabaya, Indonesia.

Spesifikasinya :

Produsen : Hildebrand & Wolfmüller
Produksi : 1894 – 1897
Mesin : 1489 cc, 2 silinder, 4 langkah, berpendingin air
Bore x Stroke : 90 mm x 117 mm
Kecepatan : 45 km/jam
Daya : 2,5 bhp (1,9 kW) @ 240 rpm
Ignition Type : Hot Tabung
Transmisi : Drive Langsung melalui Connecting Rods
Frame Type : Pipa Baja
Rem : Spoon Brake, gesekan terhadap ban depan
Ban : Pneumatic, depan 66 cm, belakang 56 cm
Bobot : 50 kg

Selengkapnya di Wikipedia

Gambar : Wikipedia & CyberMotorcycle

Iklan

45 responses to “Motor Pertama di Dunia, Begini Bentuknya…

  1. alrozi 15 Februari 2010 pukul 9:02 PM

    wheissss keren2…. mas bro itu gak pakai rantai yak? wheiss remnya spoon brake, hihi memang manusia itu kreatif ya…

  2. asmarantaka 15 Februari 2010 pukul 11:18 PM

    Pertamaxxx……wah nek jadi pajangan distroq…bakalan muantep tenan neh motor…sayang regane karo ninja 250 iseh larang motor iki…ck…ck….ck

  3. maskurmambang 15 Februari 2010 pukul 11:54 PM

    pertamax minus.ternyata motor pertama 4 tak ya. trus pengguna pertama 2 tak apa dong. mobil kah

  4. kentaro ケンタロ 16 Februari 2010 pukul 5:23 AM

    Premium botolan
    Lucu, jaman dulu dah ada chopper :mrgreen:
    Wkwkwkwk

    • kilaubiru 16 Februari 2010 pukul 6:57 AM

      hehe… sepertinya bukan bermaksud chopper, tapi roda belakang dibikin kecil biar putaran mesin ga terlalu berat, langsung pake semacam connecting rods dari mesin ke roda belakang 😉

  5. A Seen 16 Februari 2010 pukul 10:44 AM

    wis cakep motore
    itu yang pertama di dunia
    nah yang kedua ini mas

  6. Haikal 16 Februari 2010 pukul 12:10 PM

    Kayanya pernah lihat, diblognya sp y?…lupa 😦

  7. sqa indonesia 17 Februari 2010 pukul 9:44 AM

    Wooooooooooow jadul banget
    ===============================================
    Tertarik tentang SQA masuk sini http://sqaindonesi.wordpress.com

  8. sqa indonesia 17 Februari 2010 pukul 9:50 AM

    nitip link saja saya
    ===============================================
    Tertarik tentang SQA masuk sini http://sqaindonesi.wordpress.com

  9. asmarantaka 17 Februari 2010 pukul 3:44 PM

    wokee broo…tak nebus sepeda genjote tonggoq dulu dah..hahhahaha….

  10. asmarantaka 17 Februari 2010 pukul 4:07 PM

    wah remnya kudu pesen Brembo bekase Rossi ki…hehhehehhe :mrgreen:

  11. asmarantaka 17 Februari 2010 pukul 4:14 PM

    hahahha..loo..bekase bukan bekas biasa…dinggo rossi pas balapan nek mugello kii..hahhahhaa

  12. asmarantaka 17 Februari 2010 pukul 4:41 PM

    ngeremnya bisa maknyuss…hehhehe…late braking punya pake sepeda onthel bermesin…hehhehehe

  13. asmarantaka 17 Februari 2010 pukul 6:39 PM

    mantahappp…ngak ada yg punya…hahhahahah…. :mrgreen:

  14. asmarantaka 19 Februari 2010 pukul 6:06 PM

    kan orak kanginan bro nek numpak Honda Jazz….haahahhhahaha…….. 😀

  15. asmarantaka 20 Februari 2010 pukul 3:43 PM

    numpak sepur we nek pengen kanginan..timbang numpak Jazz…larang regane….hahahhahaa

  16. asmarantaka 20 Februari 2010 pukul 5:47 PM

    Irit BBM nya motore dewe…hahahhaha

  17. asmarantaka 21 Februari 2010 pukul 4:06 PM

    irit neh nek seng nunut sisan wong loro….hahahahhahaha…sekali angkut…

  18. asmarantaka 21 Februari 2010 pukul 7:38 PM

    looo…tukang ojek po ra??..hahahahhaha

  19. Pingback: SEPEDA MOTOR JADUL ANTIK « Blog : HARIS ISTANTO

  20. Mobil Keluarga 18 Oktober 2010 pukul 2:39 AM

    wah keren mas.. btw gambarnya dapat darimana tuch,, unik banget

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: