kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

Eksotisme Alun-Alun Selatan Jogja

Liburan akhir tahun seperti sekarang ini, lalu lintas Jogja benar-benar padat. Mau bawa mobil, siap-siap waktu tempuh menjadi bertambah… akhirnya buat sekedar jalan-jalan sore, motor jadi pilihan. Langsung meluncur menuju jantung kota, Jl. Malioboro, jalanan sangat padat menumpuk, apalagi pada setiap traffic light. Padahal persimpangan di Jogja pendek-pendek, jadi belum sempat jalan sudah pas lampu merah lagi. :mrgreen:

Setelah berpusing-pusing (pinjam bahasa Melayu yang kira-kira artinya : muter-muter jalan-jalan ;)) pastinya pikiran jadi penat dengan kesibukan orang-orang di jalan. Mencari suatu tempat publik di Jogja yang menenangkan pikiran, jauh dari suara mesin kendaraan, hanya 5 menit dari Jl. Malioboro, ya… langsung ke te-ka-pe, alun-alun selatan Kraton, seringkali disebut Alkid atau alun-alun kidul.

Alun-alun selatan bentuknya hanyalah sebuah lapangan kecil, berada di belakang Kraton, dan sebelah timur Tamansari. Dulunya merupakan tempat latihan baris-berbaris bagi prajurit Kraton serta sebagai tempat sowan abdi dalem beserta prajurit pada malam-malam tertentu. Sekarang, karena sebagai ruang publik, masyarakat bebas menggunakannya untuk sarana hiburan atau rekreasi. Ada beberapa penyedia jasa mainan anak-anak, kereta mini, andong (kereta beroda 4 yang ditarik kuda), motor mini, becak mini, sepeda, hingga deretan penjual jagung bakar serta makanan minuman lain.

Ada 2 pohon beringin besar yang berada di tengah-tengahnya. Bila ke Jogja, jangan lewatkan tantangan yang biasa disebut Masangin, yaitu berjalan dengan mata tertutup melewati jalan di antara kedua pohon beringin itu. Konon, yang mempunyai pikiran lurus akan sukses melewatinya secara lurus pula, dengan mata tertutup kain penutup mata. Namun, bila tidak, kebanyakan hanya muter-muter tidak karuan bahkan justru semakin menjauh dari kedua pohon beringin. Percaya atau tidak, silakan dicoba 😉

eksotis...

bersepeda bisa, jalan-jalan bisa

eh, ada mini atv

andong

Iklan

53 responses to “Eksotisme Alun-Alun Selatan Jogja

  1. Lekdjie,dab! 27 Desember 2009 pukul 8:33 AM

    Yg eksotis iku yg nyawang alkid(klambi kuning) ato alkid yg disawang??
    😀 😀 😀

  2. gadjah 27 Desember 2009 pukul 11:22 AM

    bener om,, saya pas ke jogja tanggal november akhir dan kebetulan backpackeran berkunjung ke alun2 selatan. nah saya baru merasa guyub, dan jogjanya jogja ada di selatan kraton. trasa damai dan tentram. ga kaya daerah malioboro yang ramenya ga karuan..

  3. M.R. 27 Desember 2009 pukul 2:01 PM

    aku rung tau mrono ki. Tapi jogja saiki pancen akeh macet e je.

  4. MoXo 27 Desember 2009 pukul 2:53 PM

    jadi inget pas SMP ikut SSB Alkid, waktu lagi nunggu jemputan abis latihan ada bapak-bapak wisatawan nantangin masangin, kalo bisa dikasih 5 ribu. langsung okelagh kalo begitu..! n alhamdulillah.. dapet! wkwkwk

  5. otoy 27 Desember 2009 pukul 11:19 PM

    klambi kuning….
    wulan jenenge….gaN…!
    hehe…
    ..X_X..

  6. MoXo 28 Desember 2009 pukul 5:26 AM

    padahal waktu itu niatnya cuma biar dapet duit mas.. hehehe
    mungkin dimaklumi sama yang jaga karena masih anak SMP, biarinlah bisa biar seneng.. 😀

  7. Nirvana 28 Desember 2009 pukul 3:03 PM

    Alun2 selatan memang ngademin bro, apa lagi saat petang menjelang malam 🙂

  8. lilypud_pacarnya.winda 28 Desember 2009 pukul 5:36 PM

    wkwk…enakan d taman sari kalo wat pcrn…lewat pintu belakang biar ga disuru bayar :mrgreen: . .xiixiixiixii . ..

  9. adicuzzy 28 Desember 2009 pukul 9:03 PM

    mirip ama alun2 utara solo ya bro,ada beringin kembarnya juga..
    dah lama gak maen ke jogja..

    • kilaubiru 29 Desember 2009 pukul 5:44 AM

      @ adicuzzy
      kemaren baru aja maen2 di solo, tapi di antara beringin alun2 solo kan bisa dilewatin mobil kan bro… ada jalannya, jadi kalo merem pun tetap lurus… hehehe :mrgreen:

  10. MoXo 28 Desember 2009 pukul 10:42 PM

    @mas Ardy
    kalo ditawarin 1 kali berhasil 5 ribu tapi boleh sampe beberapa kalo ya mau.. haha

    @Lilypud
    wah suka maen belakang nih.. wkwk
    enakan pacaran di Kali Kuning mas, dingin-dingin empuk. xixixi 😛

  11. lilypud_salah nickname 28 Desember 2009 pukul 10:45 PM

    ^atas
    kaliurang perna..rasanya gimana gituu…xiixiixii

  12. lilypud_salah nickname 29 Desember 2009 pukul 8:56 AM

    mencari kehangatan..wkwk…. :mrgreen: . . pas di kali kuning ga sengaja ngerekam orang lagi pacaran.xiixiixii

  13. MoXo 29 Desember 2009 pukul 11:50 AM

    @^
    bukan mencari kehangatan, tapi membawa kehangatan.. xixixi
    yang anget? ya knalpotnya.. dibawa dari Jogja ke Kaliurang/Kalikuning gitu, knalpot standar dijamin anget.. :mrgreen:

  14. lilypud_salah nickname 29 Desember 2009 pukul 5:17 PM

    itu lho..mesinnya anget :P..wkwkwk

  15. bagus 30 Desember 2009 pukul 7:54 AM

    salam kenal bro..

    niki warga jogja perantauan mas…sampun dangu mboten bali ten jogja…
    pripun jogja..??tambah macet kah??
    pengalaman..pernah nyoba lewatin pohon beringin 2 itu bareng bokin e…tetep ga bisa..malah bokin yang bisa…

    • kilaubiru 30 Desember 2009 pukul 8:16 AM

      @ bagus
      salam kenal juga mas bagus 🙂
      jogja skrg tambah rame… makin sip jd tujuan wisata..
      gagal masangin brarti panjenengan pikirane masih muter2, konon lho.. hehehe :mrgreen:

  16. MoXo 30 Desember 2009 pukul 8:17 AM

    hot juga boleh deh mas.. biar hot kalo di tempat dingin kan jadi kerasanya anget. :mrgreen:

    @^
    terakhir ten Jogja kapan mas? menawi 10 taun kepungkur nggih pun tambah macet(tambahipun kathah sanget.. 😦 )
    gagal masangin? ketauan kalo pikirannya aneh-aneh.. jiakakaka…

  17. lilypud_ke.surabaya 30 Desember 2009 pukul 9:55 PM

    beeegh…besok bahas tempat makanannya masbro :mrgreen: . . .xiixiii…

  18. lilypud_ke.surabaya 31 Desember 2009 pukul 8:33 AM

    jiaaah….kuliner2 gt dah..kayak pak bondan..xiixii :mrgreen: . .buat boleh2 besok senin bisa di ambil di rumah saya *halaaagh

  19. MoXo 31 Desember 2009 pukul 9:01 AM

    Sampai kapanpun Jogja tetap selalu asyik.. ;

    @Lilypud_ke.surabaya
    ayo yang di Jogja, siap-siap besok senin kumpul di Alkid, trus serbu rumah Lilypud..!
    hahaha

  20. Innori 31 Desember 2009 pukul 6:35 PM

    Ah telat saia, maap br bisa blogwalking……lha piye dah dicoba blm beringinnya????

  21. lilypud_ke.surabaya 1 Januari 2010 pukul 4:47 AM

    wkwkkwk….. happy new year….waagh..rumah saya di bawa kabur keong..wkwkk :mrgreen:

  22. hadiyanta 6 Januari 2010 pukul 1:35 AM

    jare arep ditertibke pedagange dan permainan anak-anaknya.

  23. dhebu 7 Maret 2010 pukul 2:15 PM

    klo malam,,lbh seru low…menikmati malam smbil minum wedang ronde..
    blogwalking…

  24. ipanase 17 Juli 2011 pukul 8:56 AM

    cew mu yang eksotis kang,,,,wkwkwkww

  25. ridertua 17 Juli 2011 pukul 8:58 AM

    Ancen ayuuu alun2nya…. 😀

  26. alrozzzi coolrider fixer 2 17 Juli 2011 pukul 9:19 AM

    ➡ iki ambigu, yang mana yang eksotis sebenernya? alun0alun, si biru atau si kuning ❓

  27. Amama Ali 17 Juli 2011 pukul 4:54 PM

    plus mambu kletong gajah neng

  28. pemuja baju kuning 2 April 2015 pukul 4:26 PM

    kenalan sama yang baju kuning doooonggg

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: