kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

Hemat BBM, Matikan Mesin Sampai Detik 20

pr4an pingitJudul artikel ini adalah tulisan yang terpasang di lampu pengatur lalu lintas di perempatan Pingit Yogyakarta. Saran yang cukup efektif untuk menghemat BBM dan mengurangi polusi karena timer pas lampu merah di sini cukup lama, sekitar 120 detik.

Faktanya, hanya beberapa pengendara yang melakukan saran ini, khususnya pengendara sepeda motor. Kalau untuk mobil, cukup repot nanti seandainya susah untuk menghidupkan mesin lagi, bisa bikin macet😉. Sedangkan bagi motor sangat disarankan untuk mematikan mesin, karena ada tengang waktu persiapan selama 20 detik untuk menyalakan mesin kembali.

Perempatan ini memang sangat padat dan biasanya terjadi penumpukan di satu ruas jalan sehingga timer relatif lama dibandingkan dengan perempatan lainnya. Tingkat polusi juga termasuk tinggi di perempatan ini sehingga sebenarnya saran ini efektif untuk mengurangi pencemaran emisi. Memang saat ini di Yogyakarta hanya terpasang tulisan tersebut di perempatan Pingit, namun tidak ada salahnya juga kita sendiri yang menerapkan di lampu merah yang tenggang waktunya relatif lama.

9 responses to “Hemat BBM, Matikan Mesin Sampai Detik 20

  1. ben 11 Agustus 2009 pukul 10:27 AM

    mematikan mesin saat menunggu di lampu merah tidak efisien, memang sepertinya bensin dihemat, tapi betulkah ? karena saat start , motor dengan autochoke akan bekerja menyemprotkan bensin lebih banyak …. dan saat crancking butuh voltase aki lebih banyak…
    masih ada cara berhemat dengan tekanan angin ban yang pas, oktan yang sesuai, jalan secara smooth, snapping secara halus…

  2. Pulsa 11 Agustus 2009 pukul 12:29 PM

    coba analisa saja tiap detik dalam kondisi idle motor butuh bensin brp cc.

    paling tidak kalau kendaraan mematikan mesinnya di lampu merah bisa mengurangi kadar CO.

    bukannya kendaraan hybrid begitu.

  3. gadjah 11 Agustus 2009 pukul 1:02 PM

    berarti jangan make motor yang memiliki fitur autochoke.
    lah saya biasanya mematikan mesin pas di lampu merah dg catatan timer masih diatas 25 detik, kurang dari itu mending nyala aja.

  4. Alon2 Asal Kelakon 11 Agustus 2009 pukul 7:37 PM

    Betul bro..
    Saya juga nggak hanya di lampu merah aja matiin mesinnya,tp di perlintasan KA jg ckup efektif kalo kepalang kereta..
    Motivasinya sih bukan hanya utk menghemat BBM, tp jg utk mengurangi polusi di negeri tercinta ini.. Hehe., udah cukup kotor negeri kita ini Bro..🙂

  5. kilaubiru 11 Agustus 2009 pukul 9:54 PM

    @ ben
    memang banyak faktor yg nentuin efisiensi BBM, ni hanya salah satu saja bro😉

    @ Pulsa
    sebenarnya kalo dihitung berapa cc, tidak terlalu signifikan ya🙂
    justru efektif buat mengurangi polusi udara

    @ gadjah
    kebanyakan motor di sini masih konvensional, jarang kan yang ada fitur autochoke:mrgreen:

    @ Alon2 Asal Kelakon
    setuju…! menekan polusi udara tu yang sebenarnya lebih penting.
    dan logikanya hemat BBM gini, kalo seandainya ada 10 kendaraan yang matiin mesin, berapa kali BBM yang bisa dihemat,
    sekaligus mengurangi global warming akibat polusi CO yang tak terkendali,
    bisa dimulai dari hal kecil seperti ini😉

  6. diar 13 Agustus 2009 pukul 8:21 AM

    @ben
    kl kita hanya tahu satu cara utk sedikiiiit turut serta mengurangi polusi, kenapa tidak kita lakukan ? toh mematikan motor sejenak di lampu merah bukan pekerjaan yang berat kan ? atau apabila cara ini dianggap tidak efektif dlm menghemat BBM, kenapa tidak naik sepeda saja ? bukankah itu justru lebih hemat lagi ?

  7. kilaubiru 18 Agustus 2009 pukul 8:56 AM

    @ diar
    sekali lagi ini semua kesadaran kita sendiri aja bro😉

  8. bengkelsepedamotor 7 Oktober 2009 pukul 10:19 PM

    Salam kenal,

    Jangan kuatir, autochoke tidak akan berfunsi kalau mesin sudah panas, hanya bekerja kalau mesinnya dingin.

    Kalau tidak mau mematikan mesin nanti motornya sendiri yang mematikan seperti Honda PCX, dengan kontrol bahwa mesinnya sudah cukup panas (gampang hidup kembali) dan sudah pakai ACG starter sambil🙂

    salam,
    bengkelsepedamotor

  9. kilaubiru 8 Oktober 2009 pukul 5:45 AM

    @ bengkelsepedamotor
    makasih infonya, saya memang kurang ahli soal mesin:mrgreen:
    makasih juga udah sempat mampir sini😀

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: