kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

Lupakan Ponsel Saat Mengendarai Motor!

no_hpPengalaman pribadi nih, kejadian seminggu yang lalu. Ceritanya sore hari mau pulang ke rumah setelah seharian muter-muter cari “pengisi garasi”. Cuaca masih lumayan panas, sehingga dalam kondisi sedikit dehidrasi plus perut laper :mrgreen:. Sendirian jalan pake megapro, di jalan Kusumanegara Jogja, pas saat itu kondisi jalan cukup lengang. Setelah nunggu lampu merah berubah jadi ijo, mulai jalan. Belum masuk gigi 4, terasa getar-getar di pinggang… wah… ada panggilan masuk di ponsel. Dengan penuh keyakinan karena situasi jalan mendukung, saya jawab panggilan itu dengan tangan kiri sambil motor tetap jalan, lepasin kopling, lalu saya tempelkan ponsel di telinga sambil dijepit helm. Cuma sekitar 20 detik bicara, abis itu kunci tombol ponsel dan masukin ponsel ke kantong, hanya 3 detik, pandangan mata kembali ke depan.. Haduhh.. ada bus kota warna oranye tiba-tiba berhenti nurunin penumpang. Refleks ngerem sejadi-jadinya… bunyi ban bergesek dengan aspal kenceng banget. Syukurlah, akhirnya bus itu kembali berjalan sebelum roda depan motor bersentuhan dengan bumper bus.

Sodara-sodara sekalian…. jangan ditiru yah…! 😀 Jadikan pengalaman, seberapapun penting kabar dari ponsel itu, tangguhkan dulu saat sedang berkendara. Cari posisi yang aman, menepi dulu untuk menerima telepon atau baca sms, dengan syarat :

  • Apabila berhenti, pastikan tidak berada pada bahu jalan agar kendaraan lain tidak terganggu. Pastikan lingkungan sekitar aman dari kriminal, jangan berhenti di dekat tempat publik karena justru di tempat umum seperti terminal atau pasar, orang-orang cenderung tidak peduli.
  • Sebisa mungkin jangan berhenti apabila tidak berada pada situasi yang aman, sekali lagi, apabila terpaksa berhenti, berhentilah di dekat pos polisi, pos keamanan, atau kerumunan warga sekitar, jangan berhenti di tempat sepi atau malah berponsel di lampu merah..!

sumber: lampuhijau.wordpress.com

sumber foto: lampuhijau.wordpress.com

Sekedar saran buat bro & sist semua, jangan berponsel saat naik motor. Walaupun pakai handsfree saat bicara, konsentrasi kita pasti terbagi. Sebaiknya kalau ada telepon atau sms, cuekin aja dulu sampai tiba di tempat tujuan atau tempat yang aman, lebih safe daripada berhenti di tempat yang tidak tahu bagaimana situasinya. Kedua, lebih nyaman matikan ponsel atau diset silent tanpa getar, karena biasanya getar itu justru bikin kaget. Yang terakhir, di jalan kita tidak sendirian. Banyak pengguna jalan lain yang butuh keamanan dan kenyamanan sampai di tempat tujuan, termasuk kita sendiri. So, safety riding bukan sekedar slogan, tapi dimulai dengan bagaimana kita menghargai nyawa sendiri dan orang lain. Ati-ati di jalan ya…. 🙂

Iklan

11 responses to “Lupakan Ponsel Saat Mengendarai Motor!

  1. kuro22id 7 Agustus 2009 pukul 7:41 AM

    Bener itu bro, kadang ada yang sambil buat dengarin radio melalui ponsel dan kemudian tidak mendengar klakson dari kendaraan lain.

  2. MoXo 7 Agustus 2009 pukul 7:44 AM

    Sipp! Emang mending minggir duu cari tempat aman daripada resiko menantang maut. Apalagi naek motor kopling manual ato matik yang seharusnya kedua tangan selalu waspada n ada di stang. Tapi bukan berarti bebek tanpa kopling dibolehkan! hehe..
    Btw cah Jogja ya bro? Jogjanya mana?

  3. kilaubiru 7 Agustus 2009 pukul 7:56 PM

    @ kuro22id
    tapi ada juga tuh orang yang bisa tambah konsentrasi kalo denger musik, tapi ya itu… kalo volumenya ngalahin kondisi sekitar, justru bahaya..

    @ MoXo
    kalo masih mo maksa pake ponsel sambil naek motor, makin perbanyak amal ibadah aja 😉
    nyawa ga ada cadangannya, nambah dosa juga kalo bikin sebel pengendara laen 🙂 betul kan…!
    bro MoXo di jogja juga..? ni nomaden bro, kadang di jogja utara, kadang di timur :mrgreen:

  4. Icaq's 8 Agustus 2009 pukul 3:25 PM

    Kadang ada yg berponsel sambil berkendara, jalan pelan gak mau minggir. Kagetin aja pake klakson ato raungan knalpot. Abis, kesel sih. Di jalan macet saya aja cuek kl ada telp masuk. Kl bs minggir ya ditrima, kl nggak ya cuekin aja. Lebih peduli safety kita & orang lain drpd telp.

  5. kilaubiru 8 Agustus 2009 pukul 4:07 PM

    @ Icaq’s
    se7 bro 😀
    dklakson brkali2 plus diteriakin.. kali aja dia keder trus minggir :mrgreen:
    betul 😉 ponsel tu hanya alat komunikasi, safety yang pertama.

  6. Pingback: Yang Seperti Ini Jangan Dicontoh! « ..:: kilaubiru >> journey | two wheels | techno ::..

  7. dian 24 Agustus 2009 pukul 11:05 AM

    ya ialah,yang namanya lagi ngendarain motor jangan inget ponsel………tar nabra lohhhhhhhhhhhh……

  8. Pingback: Mengemudi Kendaraan Wajib Konsentrasi, Tapi Menggunakan Ponsel Juga Bagian Dari Mengemudi… « kilaubiru >>>

  9. Pingback: Ini Cara Naik Motor Berbahaya « ANEH TAPI NYATA

  10. Pingback: Lupakan Ponsel Saat Mengendarai Motor! | h4rstik0

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: