kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

Jogja – Prambanan – Merapi di Bukit Boko

100_1663

Di Yogyakarta biasanya terkenal dengan wisata candi Prambanan atau candi Borobudur di Magelang. Namun sayang sekali kalau belum mampir di Candi Ratu Boko, hanya 3 km dari pertigaan Prambanan arah selatan. Dari candi Prambanan bila melihat arah selatan pasti terlihat bukit yang di atasnya itulah terletak Candi Ratu Boko.

Hal yang menarik di sini adalah kesan kedamaian, karena candi ini berada di atas sebuah bukit. Belum habis merasakan kedamaian, pemandangan riuh kota Yogyakarta dan Candi Prambanan berlatar Gunung Merapi menambah damai hati, tentu dengan semilir angin yang berhembus.

Ratu Boko adalah situs purbakala yang merupakan komplek sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari komplek Candi Prambanan, 18km sebelah timur Kota Yogyakarta atau 50km barat daya Kota Surakarta. Luas keseluruhan komplek adalah sekitar 25ha.

Situs ini diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra (Rakai Panangkaran) dari Kerajaan Medang (Mataram Hindu). Dilihat dari pola peletakan sisa-sisa bangunan, diduga kuat situs ini merupakan bekas keraton (istana raja).

Nama “Ratu Boko” sendiri didasarkan dari legenda masyarakat setempat. Ratu Boko (harafiah berarti “raja bangau”) adalah ayah dari Loro Jonggrang (yang diberikan menjadi nama candi utama pada komplek Candi Prambanan).

Secara administratif, candi ini berada di wilayah Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan terletak pada ketinggian hampir 200m di atas permukaan laut.

http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_Ratu_Boko

candi boko

prambanan

merapi

hamparan

2 responses to “Jogja – Prambanan – Merapi di Bukit Boko

  1. boy 12 April 2010 pukul 2:25 AM

    emang manteb bro..kebetulan kakak saya resepsi nikahnya di sini.

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: