kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

Cuci Mata dari Kereta Langka Ambarawa

kereta uap

Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebuah museum di Ambarawa, Jawa Tengah yang memiliki kelengkapan kereta api yang pernah berjaya pada zamannya. Salah satu kereta api uap dengan lokomotif nomor B2503 sampai sekarang masih dapat menjalankan aktivitas sebagai kereta api wisata. Kereta api uap bergerigi ini sangat unik dan merupakan salah satu dari tiga yang masih tersisa di dunia. Dua di antaranya ada di Swiss dan India (http://id.wikipedia.org/wiki/museum_kereta_api_ambarawa).

Kota Ambarawa ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Yogyakarta. Kota ini dahulu menjadi saksi sejarah pertempuran bangsa Indonesia melawan Belanda, maka tak heran bila di kota ini banyak peninggalan yang bernilai sejarah. Salah satunya adalah Museum Kereta Api Ambarawa yang kental dengan arsitektur Belanda.

Di bagian depan terdapat beberapa lokomotif penarik kereta uap, lengkap dengan papan tulisan spesifikasi loko seperti nama, tahun pembuatan, dan kecepatan maksimum. Yang paling ditunggu para pengunjung adalah kereta uap tertua di dunia yang masih beroperasi. Kereta ini berbahan bakar air dan kayu bakar yang menjadi uap untuk menghasilkan tenaga menarik gerbong wisata.

1

2

3

4

5

6

7

Perjalanan menyusuri rel tua bersama kereta tua sungguh mencuci mata tanpa henti berdecak kagum menikmati pemandangan gunung dan pegunungan daerah boyolali dan magelang. Hamparan sawah dan sungai yang mengalir menambah asri suasana pedesaan. Selain itu, keindahan Rawa Pening yang merupakan telaga di Ambarawa menjadi pemandangan berikutnya. Hingga akhirnya kereta berhenti kembali lagi di Museum, perjalanan sekitar 5-8 km terasa sangat singkat.

2 responses to “Cuci Mata dari Kereta Langka Ambarawa

  1. Tri Setyo Wijanarko 2 Agustus 2009 pukul 12:23 AM

    wah ternyata asyik juga ya.. besok kalo maen ke semarang harus mampir neh buat nyobain

  2. kilaubiru 3 Agustus 2009 pukul 10:11 PM

    @ Tri Setyo Wijanarko
    monggo mas, mampir jogja juga:mrgreen:

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: