kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

Vario 125, Lampu Depan Mati Sebelah Setelah 21.000 Kilometer

Entah kasuistik entah normal, Honda Vario 125 yang saya pakai kemaren lampu depan sebelah kiri mati, tapi cuma lampu dekat saja. Oh iya Mas Mbak, selama menempuh jarak 21.000 an kilometer, kelistrikan masih standar ting-ting :mrgreen: tidak ada lampu yang diganti led atau mengubah jalur kabel. Selama itu pula, selalu lampu dekat yang dipakai, lampu jauh cuma sesekali saja. Ya lumayanlah jadi keren kayak Ninja, lampu dekat cuma nyala sebelah… xixixixi :lol:

Eh biarpun keren lampu nyala sebelah, tapi saat malam hari kurang terang Mas Mbak. Jadilah mampir toko onderdil motor beli lampu halogen OSRAM 12V/18 Watt 2 biji total Rp20.000. Standarnya yang terpasang lampu biasa non halogen merk STANLEY 12V/25 Watt. Lahh kenapa nggak beli OSRAM yang 25 Watt?? Yaaa adanya di toko kebetulan cuma itu… hehehe :mrgreen:

vario 125 bohlam osram halogen

vario 125 odometer 21000

Okehh lanjut pasang… Dalam pikiran saya sudah terbayang betapa repotnya ganti lampu depan, mesti lepas cover aki di bawah batok setang, lepas cover depan… bla bla bla..

Ternyata salah pemirsa :D
cukup dari bawah saja, di atas fender depan, diraba-raba pake tangan, ketemu deh tuh karet penutup rumah lampu. Buka, putar ke kiri soket lampunya, lepas, ganti deh pake halogen. Selesai :D

vario 125 ganti lampu depan

osram halogen

Hasilnya?? Aneh bin ajaib pemirsa, lampu halogen 18 Watt x 2 lebih terang daripada standarnya 25 Watt x 2 :D

Soal masa pakai? Ya nanti dulu, ini aja baru nyoba… hehe :D

Wis, segitu dulu :)

kilaubiru >>>

About these ads

39 responses to “Vario 125, Lampu Depan Mati Sebelah Setelah 21.000 Kilometer

  1. Nichoz Ahmad 20 Desember 2012 pukul 9:38 PM

    xeonku malah 7000 km dah minta ganti maz,, sepasang 34.000 , mahal yah (lampu recomendasi pabrik) ,, :-(

  2. Nichoz Ahmad 20 Desember 2012 pukul 9:38 PM

    xeonku malah 7000 km dah minta ganti maz,, sepasang 34.000 , mahal yah (lampu recomendasi pabrik) ,, :-(

    http://chozinahmad.wordpress.com

  3. kankkunk 20 Desember 2012 pukul 11:05 PM

    aseeek..ditunggu repiyu pas setaun, udah berapa km motornya, ditambah daya tahan lampu ini menghadapi panas siang hari dan hujan di malam hari.. :D
    *lampu belakang ceswan udah pernah ganti..lupa pas servis pertama atau kedua.. -_-

  4. Yudakuzuma 20 Desember 2012 pukul 11:33 PM

    hot stuffffffffffffffffffffffffffffffffffff :lol:

  5. menyusurijalan 21 Desember 2012 pukul 12:16 AM

    Lampu dengan watt yang kecil memang akan lebih terang dibandingkan dengan yang standarnya tetapi masa pakainya akan lebih pendek karena dipaksa untuk maksimal….. begitu katanya mas bor……

  6. wasisimmortal 21 Desember 2012 pukul 12:22 AM

    supra ku 70.000km belum pernah ganti bohlam mas, hehe

  7. Maskur 21 Desember 2012 pukul 10:04 AM

    jarke war murub siji ben dikira Ninja 250

  8. mydasign 21 Desember 2012 pukul 1:08 PM

    iku goro2 AHO ne kang…. gonku 12.000 km tewas (vega zr)…hehehe

  9.  21 Desember 2012 pukul 3:33 PM

    beda halogen ama yg enggak apa mas bro?

  10. bapakeVALKYLA 21 Desember 2012 pukul 3:39 PM

    setahuku motor yg lampunya pakai arus AC (matik/bebek) kalau diganti sama yg wattnye lebih kecil memang cahayanya jadi lebih terang… jupiterku juga pakai 18w malah lebih awet kok.
    beda sama motor sport yg full DC, mau terang yo ganti yg wattnya lebih besar..

  11. Vyzex 22 Desember 2012 pukul 6:00 AM

    Kalo saya, siang pake lampu jauh
    Malam baru pake lampu dekat

    Jadi seimbang lah..
    Hehehe

  12. kukang 23 Desember 2012 pukul 4:45 AM

    wow halogen memang keren
    tapi kalo pas hujan atau aspal basah, kurang jago nembus kegelapan

  13. kukang 23 Desember 2012 pukul 4:47 AM

    itu mbok ya motore diisi bensin

  14. sa469 23 Desember 2012 pukul 11:03 AM

    pancaran cahayanya fokus gak kalo dibanding pake yang std mas bro?

  15. redbike92 23 Desember 2012 pukul 7:52 PM

    wah kilometernya sudah banyak juga ya bro :D

  16. the honjo 24 Desember 2012 pukul 11:46 AM

    hayateku malah baru 5000an sudah mati, tapi bolam pengganti (SGP) malah tahan hampir 2 tahun belum mati

  17. marga 24 Desember 2012 pukul 3:01 PM

    ternyata lampu depan vario seksi juga ya :D

  18. puwi 8 Januari 2013 pukul 1:15 PM

    Dulu V110 ane jg mati sebelah, penyebabnya karena soket lampunya meleleh (akibat kebijakan lampu nyala siang hari). Salahnya sih, ane selalu pakai lampu dekat aja. Akhirnya harus ganti seperangkat kabel dan soketnya ori Honda Rp160.000an. Mekanik menyarankan untuk bergantian memakai lampu jauh-dekat. Kecuali malam kali ya, lebih banyak lampu dekat biar ga silau ke orang lain. Sekarang ini ane kalau perjalanan 20 Km misalnya, maka di km 10 switch lampu. Kecuali kalau masuk gang pake lampu dekat.

  19. fauzan 30 Januari 2013 pukul 10:39 AM

    saya pakai yg 35wtx2 di vario 125 malah ancur reflektornya(meleleh)baru jga makai 2 bln

  20. bocah pulung 28 Februari 2013 pukul 8:13 PM

    There is a spiritual aspect to our lives – when we give we receive – when a business does something good for somebody, that somebody feels good about them!
    Ben Cohen, Ben & Jerry’s

    follow us on twitter / instagram / facebook
    @motogpdistro

  21. Anonymous 20 Maret 2013 pukul 7:52 PM

    lampunya kalau dipakai lebih cepat hitam pada kaca bohlam nya

  22. ihsan 20 Mei 2013 pukul 4:09 PM

    18 watt lbih terang dri 25 watt soalnya kelistrikannya masih ac, jdi jelas lbih terang, kalo semisal udah dc, pasti redup yg 18 watt tdi.

  23. Bryant 23 Mei 2013 pukul 7:22 PM

    punya saya NJZ1 barusan kmaren tak ganti AutoVision apexer Diamond Blue 12V 25/25W X 2, cahaya memang terlihat putih kebiru2an,tapi anehnya cahaya yang dipancarkan gag seterang yg saya kira,emang ne lampu speknya normal gag fokus jadi cahaya menyebar,tp kok sama ma bawaan pabrik ya padahal harapan sya lbh terang soalnya sering Night Rider lwt sawah2 gt,
    kondisi kelistrikan untuk lampu utama masih AC,sya gag tahu persis spek lampu saya itu brapa watt :D hehehehe,,mungkin lebih tinggi dikit kali ya yg tak beli watt nya
    bisakah lampu tersebut di optimalkan cahayanya dengan mengubah arus listrik ke DC? dan efeknya bagaimana?

  24. Barjatul Aslami 9 Oktober 2013 pukul 11:55 AM

    mohon bantuannya gan, cbr ane lampu utama nya mati tp lampu senja dan lampu jauhnya msh nyala,udah saya gantu lampu utamanya ga lama kemudian mati lagi,malahan skr lampu utama dan lampu buat jarak pandang jauhnya ikutan mati,itu kenapa y gan,,,,????

  25. mollie 11 Februari 2014 pukul 2:20 PM

    gimana gan masih muantab gak lampu depannya? minta ripiewnya hehehe

  26. Pingback: Kepanjangan Vsat | Caramanfaat.net

  27. bayu juliansyah 6 Juli 2014 pukul 12:37 AM

    makasih infonya mas :)

  28. Eko Rockeo 16 Juli 2014 pukul 7:32 PM

    Gmna gan lampu halogennya masih nyala kah? kebetulan Vario 125 ane mau ta gnti yg terang..buat persiapan mudik :-)

  29. Arif Sulistio (@ArifSulistio) 21 Agustus 2014 pukul 11:41 AM

    Sama nih… V125 ISS, km 19000-an, lampu utama mati sebelah kiri, dekatnya saja
    lagi cari referensi buat lampu pengganti

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.704 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: