kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

Hitungan Biaya Perawatan Honda Vario 125 Hingga 20.000 Kilometer

Mas Mbak… si Vario 125 putih yang saya pakai baru berumur 3/4 tahun alias 8 bulan alias belum genap setahun tapi sudah menempuh jarak 20.000 kilometer dan terus bertambah :mrgreen:

vario 125 putih biru jogja

Nah, yuk kita itung biaya perawatan mulai dari nol kilometer sampai kilometer 20.000 yang berarti sudah 6 kali servis di bengkel resmi AHASS, rinciannya :

Perawatan Berkala 1 – km 1000
- Biaya Servis –> Rp 0 / Gratis
- Oli AHM MPX2 –> Rp 0 / Gratis
Total 1 –> Rp 0

Perawatan Berkala 2 – km 4000
- Biaya servis –> Rp 0 / Gratis
- Oli AHM MPX2 0,8L –> Rp 34.000
- Busi NGK CPR8EA –> Rp 13.000
Total 2 –> Rp 47.000

Perawatan Berkala 3 – km 8000
- Biaya Servis –> Rp 0 / Gratis
- Oli AHM MPX2 0,8L –> Rp 34.000
- Oli Gear Transmisi –> Rp 13.000
- Busi Denso U24EPR9 –> Rp 13.000
Total 3 –> Rp 60.000

Perawatan Berkala 4 – km 12000
- Biaya Servis –> Rp 0 / Gratis
- Oli AHM MPX2 0,8L –> Rp 34.000
- Busi Denso U24EPR9 –> Rp 13.000
Total 4 –> Rp 47.000

Perawatan Berkala 5 – km 16.000
- Biaya Servis –> Rp 33.000
- Oli AHM MPX2 0,8L –> Rp 34.000
- Oli Gear Transmisi –> Rp 13.000
- Filter Udara –> Rp 45.000
Total 5 –> Rp 125.000

Perawatan Berkala 6 – km 20.000
- Biaya Servis –> Rp 33.000
- Oli AHM MPX2 0,8L –> Rp 34.000
- Busi NGK CPR9EA –> Rp 0 / Gratis
Total 6 –> Rp 67.000

Total Semua –> Rp 346.000

Semua kondisi berlaku syarat dan ketentuan yaa :D

Artinya mesin standar dan tanpa modifikasi macam-macam yang melanggar syarat dan ketentuan garansi, dan itu khusus Vario 125 yang saya pakai, entah yang lain kemungkinan berbeda :mrgreen:

vario 125 20000 km

Jadi selama 8 bulan sejauh 20.000 km memerlukan biaya servis alias biaya perawatan sekitar Rp 346.000. Bila dibagi rata-rata maka biaya perawatan per kilometer adalah Rp 17,3 saja… waw murah ya si matik injeksi ini… hehe :D

Sekarang itungan konsumsi bahan bakar sejauh 20.000 km. Bila diasumsikan rata-rata penggunaan bahan bakar 1 liter untuk 50 kilometer, maka menghabiskan sejumlah 400 liter bahan bakar, bila dirupiahkan senilai Rp 1.800.000 untuk premium. Kalo pertamax, yah dihitung sendiri yaa, soale kadang harga pertamax naik turun :D Itu hitungan kasar saja yaa, dalam prakteknya 1 liter selalu lebih dari 50 kilometer :D

Bila dihitung biaya per kilometer, maka memakai Vario 125 ini sekitar 17,3 + (4500/50) = 107,3 rupiah saja… wow, nggak usah koprol deh :mrgreen:

Inget yah mas mbak, semua biaya yang dikeluarkan tersebut di luar biaya jajan yang make, biaya cuci motor, biaya parkir :lol: dan tentu di luar biaya part slow moving seperti ban, kopling, roller, belt, dan lain-lainnya, kan itungannya sampai 20.000 km :D

Demikian semoga nggak pusing :mrgreen:

kilaubiru >>>

About these ads

48 responses to “Hitungan Biaya Perawatan Honda Vario 125 Hingga 20.000 Kilometer

  1. Agus Marciano Riyanto 3 Desember 2012 pukul 10:41 AM

    6 bulan 20.000 km ….. ? Lumayan juga ya jarak tempuh tiap bulanya diatas 3000 km

  2. lekdjie 3 Desember 2012 pukul 12:27 PM

    njaluk rumuse om.. :mrgreen:

  3. Udin Selalau Begitu Saja 3 Desember 2012 pukul 12:40 PM

    businya boros banget ??!

  4. Blitz 3 Desember 2012 pukul 3:22 PM

    Kok ganti busi terus

  5. kankkunk 3 Desember 2012 pukul 4:05 PM

    tiap servis ganti busi..juragan busi tenan nek iki.. :D
    njajal tes konsumsi bbm top up ala motor gunung mas..hehe.. :D

  6. #99 bro. 3 Desember 2012 pukul 6:41 PM

    biaya service luwih murah timbang robot ompongku.. robot ompongku biaya service Rp.44.000,-

  7. Vyzex 4 Desember 2012 pukul 5:39 AM

    Busi denso emang cuma ideal sampai 4000 km

    Harganya aja cuma 13000
    Kalo anda lihat di bungkusnya kan udah jelas
    Disuruh ganti tiap 4000 km
    Walau pun di buku servis disuruh ganti tiap 8000 km

    Olinya mpx 2 ya
    Ganti tiap 4000 km lagi
    Luar biasa
    Berani juga ya
    Padahal dikecam sebagai oli abal-abal

    Ini oli Mpx 2 mantap buat top speed
    Bisa capai 100 km/ jam dg mudah

    Tapi saya ganti tiap 2000 km
    Gak berani sampai 4000 km
    Soalnya makenya gas pol terus
    (atut)
    Oli gear kalo saya ganti juga tiap 4000 km

    Kalo saya prinsipnya setengah dari yg dianjurkan di buku
    Hahahaha

  8. Vyzex 4 Desember 2012 pukul 9:39 AM

    Nyambung lagi

    Akhirnya saya percaya mpx2 bisa diganti per 4000 km

    Barusan ini ktemu pemilik beat putih tahun 2011
    Km udah 42000
    Ganti oli tiap 4000 kata si bapak
    Cuma yg terakhir ini 6000 katanya
    Soalnya sibuk
    Terakhir ganti oli di km 36000
    Ganti oli ini barusan di 42 ooo

    Dalam hati saya, berani bener ni si bapak.
    Dan saya salut sama perolehan kilometernya.

    Katanya jarak rumah ke tempat kerka 40 km
    Pp udah 80 km sehari

    Untuk muter-muter sana sini, perhari di atas 100 km

    Luar biasa dah

    • kilaubiru 4 Desember 2012 pukul 10:00 AM

      karena saya nggak ngerti mesin,
      yaa jadinya ngikut aja sama tulisan di buku servis
      toh kalau ada problem masih tercover garansi
      kalaupun mesin rusak setelah garansi habis,
      ya berarti memang sudah berumur
      hehehe :mrgreen:

      thanks bro sharingnya :D

  9. randy jr. 4 Desember 2012 pukul 9:47 AM

    baru 8 bulan km nya udah 20.000 an, motor pekerja keras…. motor ane udah hampir 3th km nya baru nyampe 26.000 an.

  10. RoniZH 4 Desember 2012 pukul 12:23 PM

    Vario 2008 punyaku KM. 35rban. *Th 2008 dipakai kerja karawang-sumedang jarak 130 KM.. Pulang seminggu sekali.
    *Th 2009 kerja Bogor-smd jarak 180 KM .. Pulang seminggu sekali jg
    ga ada masalah dg oli..
    *Skr cm 10 km PP rumah-kantor
    (bulan kemarin cm ganti roller+belt, itu juga cm peang2 sedikit, mesin jg msh sehat).

  11. andhika 5 Desember 2012 pukul 9:09 AM

    matic sama aja bos.
    mio ane klo dah 15.000an km pasti servis dll sekitar 100ribuan

  12. nick 5 Desember 2012 pukul 11:30 AM

    Coba gak sering ganti busi, perawatan lebih murah lagi.. Xixixix

  13. ngawur 5 Desember 2012 pukul 7:14 PM

    Servis depan (24 ribu) harus ganti v-belt, lumayan yang ini, bisa habis 400 ribuan…

  14. tukacil 5 Desember 2012 pukul 8:26 PM

    mas bbmx sering pake pertamax or premium?

  15. Triyanto Banyumasan 6 Desember 2012 pukul 12:09 AM

    dadi pengin wantufaif … ngenteni seken akh :D

  16. ndeso klutuk22 6 Desember 2012 pukul 1:36 PM

    mio smile 2009 ane jg baru 20.000km, ganti busi baru aja ganti di 19.000km, oli dah 8x ganti @ 30rb bayar cuman 5x coz yg 3x gratis=150rb, servis yg gak gratisan 2x @30rb, busi 10 rb total=220rb bensin +/-500ltr=2250rb =total 2470rb hitungan per km= 2470rb/20rb= Rp124 /ltr

  17. wardono 6 Desember 2012 pukul 9:40 PM

    mpx2 by federal karyatama, gak punya kilang, brarti beli ke pertamina, brarti mesran, mpx2 1500km dah kayak lumpur hitamnya, coba aja di tap di 1500km…

    • userabcd 20 Desember 2012 pukul 9:58 PM

      semua oli ahm buatan idemitsu bro, idemitsu lebih berpengalaman buat oli mobil
      kalo motor ga tau deh kualitasnya
      ane pengalaman 2x pake matic honda selalu pake pertamina enduro/castrol matic/shell ax7 matic
      pake mpx mesin kasar, ga ada tenaga, boros lg

  18. mydasign 7 Desember 2012 pukul 4:32 PM

    busiku wes 15.000 km durung tak ganti.hehehehe…. efeke apa ya kang ?(motor vega zr)..

  19. Indang Murwati 13 Januari 2013 pukul 12:48 PM

    motorku dipinjam babeh untuk keperluan keluar kota, pulang2 misuh2 katanya……nggak umum nih motor…

  20. didi nur effendy 21 Januari 2013 pukul 10:53 PM

    vario 125 ku kalo belum panas jalannya nyendal2,,,udah 5 ahass kucoba;;hasilnya nihil,,udah 3 kali ganti busi,,podo wae,,pdhl busi udah diganti yg standarnya…

    • Mind 7 Februari 2013 pukul 10:24 AM

      Kayaknya emang gitu karakter Motor injection sebelum dipakai harus dipanasin dulu. Kalau langsung pake gas ya harus diurut pelan2 jangan langsung dibetot. Kayaknya maslah ada pada sensor Oxygen yang memakai Narrow Band, yang harus dipanasi dulu

  21. dinda 23 Januari 2013 pukul 7:02 PM

    q sangat bmasalah dg peletakan klakson dg sein. KNAPA.DITUKER??
    q kerja bantu control toko cabang kakakq.. jd motor inventaris byk tiap hr muter. hampir smua jenis mtor bebek n matic pnah qkendarai. smua klakson plg bawah kiri atasnya sein.
    ini knpa vario kuwalik gini?
    hanya vario yg dbalik. gara2 klakson yg dbalik pengendara jadi terbalik2 djalan nyawapun bs trbalik2. nyadar apa gak se??
    ngapain pkek dbalik2 sgala. nyawa ini taruhane. kok seenaknya dbolak balik.apa gak mikir kselamatan apa ya yg ngrancang?

    • dinda 23 Januari 2013 pukul 7:07 PM

      smua mtor yg pnah kukendarai itu klakson plg bawah atasnya sein. pakem itu. bokyoo ojo diowah2i. nyowo ge dolanan. sing ngrancang ki piye. nyleneh. gara2 ini jatuh korban. hy vario sing nyleneh. supra normal beat normal. knapa vario gak normal. ato yg ngrancang emang gak normal? mikir dunk ini sgt penting.urusan nyawa kselamatan ini

  22. Anonymous 25 Januari 2013 pukul 5:26 AM

    revo jg sudah sama dengan vario …..
    ane pertama pake revo jg kaget dg posisi ini..

  23. Pingback: mercure_aace_2013

  24. Anonymous 29 Januari 2013 pukul 7:42 PM

    Apa betul.,!!! Busi yg dipakai vario 125 cepat mati.

  25. bocah pulung 28 Februari 2013 pukul 8:11 PM

    The customer experience is the next competitive battleground.
    Jerry Gregoire, CIO, Dell Computers

    follow us on twitter / instagram / facebook
    @motogpdistro

  26. KARYONO SP5B RAWANG SARI PELALAWAN RIAU 5 Mei 2013 pukul 8:50 PM

    bener gak rincian iritnya?

  27. Ramdhan 12 Mei 2013 pukul 7:10 AM

    Itu termasuknya agak mahal yah mas….belum nanti sistem CVT nya biasanya klo dah dipake 20.000km minta ganti,,,,masih murah vario lama…baru ganti busi + filter 1 kali…bongkar CVT 1 x habis 300rb tp dah 25.000km………..
    Mau lebih irit lagi pake supra 125 bener2 irit…:D

  28. iss blue yss white 29 September 2013 pukul 10:07 PM

    Klo sy ganti oli setiap 1000 km pke oli castrol matic, minumnya shell super udah cukup mantep… Ngacir benerrr.. Makin mantep ban lebar. Depan 100/80 blkg 120/70 fdr sport xr & xv. Sok yss hybrid 330mm. Ǥak ktinggalan box givi e45nya..

    • iss blue yss white 29 September 2013 pukul 10:19 PM

      Untuk jenis vario injektion 125 wajib dipanaskan dahulu sblum jalan.. Yaa sekitar 1menitan. Ouuiyaa kbetulan sy pny 2 vario 125. 1 yang biasa ke 2 yang cbs iss.. Selisih 2bln.. Utk cbs iss larinya top dah.. Beda sm vario 125 yang biasa. Harga gak boong

  29. ymardi 2 Desember 2013 pukul 8:20 PM

    Wah masih murah supra 125 dong.. Tanpa mikir oli transmis dan radiator coolant

  30. anto 20 Januari 2014 pukul 1:07 PM

    om pake pertamax atau sering premium?

  31. magic.number.212 10 Maret 2014 pukul 9:54 AM

    Berani juga ya, ganti oli tiap 4000 KM, lha wong 3000 aja dah tinggal dikit (dah pernah coba sampai 2800 oli tinggal dikit atau lebih kurang hanya tinggal secangkir kopi), mo sampai 4000 bisa rontok tuh mesin! Idealnya ganti oli berkisar antara 2000 s/d 3000 (itu kalo mo mesin awet)! Untuk busi mah nggak perlu diganti tiap perlu tiap 4000 Km cukup disikat pakai sikat besi (dibersihkan) masih bisa digunakan! Selama masih bisa nyala (idup) nggak perlu ganti busi! Untuk Belt & roller musti dilihat dulu secara fisiknya! ada kalanya sebelum 24,000 Km (menurut Buku pentunjuk HONDA) udah peang roller atau v-beltnya dah retak-retak jadi musti diganti! Sebaiknya setiap 8000 km lakukan cek cvt (v-belt & roller) sehingga tidak putus ditengah jalan!

  32. Matrona Willy H 6 Mei 2014 pukul 11:06 PM

    saya mau tanya kalau buat benerin double stater motor vario fi berapa ea, tiba2 masi gara2 terkena benturan.mksh

  33. eko dasma 7 Mei 2014 pukul 8:49 AM

    Alhamdulillah kalo saya malah lebih irit lagi,
    Busi masih bagus jd blm ganti,
    filter juga,
    Dan yang utama promo dari main dealer tempat motor ini saya ambil adalah Promo servis selama 3 tahun gratis

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.666 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: