kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

Mau Beli Motor Tunai Mesti Tulis Surat Pembaca Dulu

To the point saja, sudah jadi rahasia umum kalo sekarang ini beli motor dengan kredit lebih cepat dan lebih ‘ramah’ dilayani dibanding beli motor tunai. Asal tahu saja bro, itu semua bukan permainan produsen atau distributor, murni akal-akalan dealer! Kenapa?? Dealer bekerja sama dengan pihak leasing dalam hal pembiayaan motor secara kredit. Nah, jelas kredit itu memiliki “pemasukan” yang lebih buat leasing, lha wong ada bunganya tiap bulan, kalo ditotal bisa jadi dua kali lipat harga tunai motornya.. ckckckck… :shock: Lebih sempit lagi, ini akal-akalan sales, biar dapat insentif atau sekedar bonus dari leasing. Mohon maaf buat para sales yang punya trik ini.. Saya melihatnya dari sisi konsumen :!:

Silakan dibaca lengkap salah satu surat pembaca di Detikcom ini,

Yamaha adalah perusahaan besar tapi management kelas teri. Saya pada tanggal 21 September 2010 memesan Yamaha Byson warna merah di Dealer Resmi PT Arista Mitra Lestari di Jl Raya Kalimalang dengan pembayaran tunai. Tapi, Sales yang bernama Novery menyarankan saya untuk mengisi aplikasi kredit. Alasannya untuk memudahkan saja. Namun, Sales tersebut mengatakan nanti kalau sudah ada motor bisa pembayaran secara tunai.

Atas penjelasan tersebut saya mengikuti saja. Akhirnya setelah sekian lama menunggu pada tanggal 25 November 2010 sales tersebut menelepon untuk mengabarkan bahwa motor saya sudah ada. Memang, sebelumnya saya sering telepon Sdr Novery yang menyatakan memang sudah nomor urut saya.

Mendengar motor sudah ada saya sangat senang. Tapi, kesenangan saya langsung sirna dan kepercayaan saya langsung hilang pada saat Sales tersebut meminta saya untuk mentransfer uang down payment (DP). Langsung saya menagih janji dia di awal bahwa saya tetap untuk membeli secara tunai. Namun, dengan enaknya Sales mengatakan kalau tunai tidak bisa. Tapi, kalau kredit motor langsung dikirim hari itu juga.

Apakah sekelas Yamaha permainan Sales seperti ini. Atau memang ini adalah kebijakan yang dikeluarkan Yamaha? Saya selaku Konsumen sangat dirugikan dan dibohongi.

Esok harinya saya langsung komplain ke Call Center Yamaha. Tapi, sampai hari ini tidak ada tanggapan sama sekali. Mana Yamaha ‘semakin di depan’ tapi untuk konsumen yang ingin membeli secara ‘tunai’ tidak ditanggapi sama sekali. Lagi-lagi konsumen dirugikan.

Kepada Direksi Yamaha untuk menanggapi masalah saya ini karena bukan saya saja yang mengalami seperti ini. Terima kasih atas perhatiannya.

Irwan
Jl Batu Ampar III Kramat Jati Jakarta Timur
sum_cracker@yahoo.com
021-92074482

Lalu ini sambungan si penulis surat pembaca setelah ditanggapi pihak dealer,

Menyambung dari surat saya di suara pembaca tanggal 29 November 2010 di detik. Masalah pembelian tunai Yamaha Byson di Dealer Arista Kalimalang, keluhan saya, sudah ditangani dengan baik dan cepat oleh pihak Dealer Arista Kalimalang.

Inti permasalahannya adalah misscomunication. Untuk itu kepada pihak Yamaha Indonesia dan Dealer Arista Kalimalang saya ucapkan terima kasih atas kerja samanya. Dengan ini saya sudah menerima motor yang saya pesan dengan pembayaran tunai.

Irwan
Jl Batu Ampar III No 3A Kramat Jati Jakarta Timur
sum_cracker@yahoo.com
021-92074482

Hmmm… kesannya dealer baru melakukan hal yang semestinya setelah ‘disentil’, kalo nggak disentil ya sudah. Buat saya sih cari dealer lain walau kecil kemungkinan pelayanan akan berbeda. Lapor ke pihak ATPM, jarang ada jawaban solutif. Sepertinya memang begini ya, mau beli motor cash mesti bikin tulisan di media dulu :evil:

Memang tak semua dealer nakal, tak semua sales bikin akal-akalan seperti ini. Dan pastinya ATPM pun tak mentolerir kelicikan semacam ini. Tapi monggo dilihat di lapangan boss…! Saya tidak hanya sekali dua kali berniat beli motor cash namun kandas dan ilfeel gara-gara disuruh beli kredit, so ganti motor lain yang bisa cash walaupun sebenarnya duit buat belinya kredit dari bank yang bunganya lebih murah :mrgreen:

Semoga kita semakin teliti dan semakin dihargai sebagai konsumen, tak ada konsumen bakal bankrut tu produsen ;)

kilaubiru >>>

62 responses to “Mau Beli Motor Tunai Mesti Tulis Surat Pembaca Dulu

  1. #99 bro 23 Desember 2010 pukul 11:07 PM

    duaxx kredit.. gak bisa cast katanya..

  2. Tonnie 23 Desember 2010 pukul 11:12 PM

    gagal..
    Dulu bapak wkt mau ambil hsx r yo ditawani.kalo kredit, motor dtg 3hr,cash 2mnggu. Akhire Pndah dealer,mtor dtg Let 5 hr,cash.

  3. sembalap 23 Desember 2010 pukul 11:20 PM

    ini diakibatkan krn adanya refund dr pihak leasing ke dealer atas setiap aplikasi kredit sepeda motor, shg bonus/insentif dr dealer utk salespun lebih besar yg via kredit drpd yg via cash!. …. selisihnya lmyn besar loh!
    mmg sih ini wajar …. tp efeknya ya begini, kl motornya laris maunya mereka jual scr kredit.
    ini berlaku utk semua brand (saya tahu semuanya : red) memang sih nggak semua dealer/sales berlaku demikian.
    secara pribadi saya mendukung kl setiap kesulitan beli via cash masukin sj ke surat pembaca, aku yakin mereka lama2 jg jengah!
    tp mmg tidak semua konsumen mau melakukannya.

  4. Maskur 23 Desember 2010 pukul 11:35 PM

    maklum, lagi laris.
    Selain surat pembaca, bisa juga lewat artikel blog. Ya kan?

  5. Mercon C a.k.a Mercon Mretelli 24 Desember 2010 pukul 12:10 AM

    betul, masak semakin di depan cuma isapan kelingking belaka,,,
    masak mau tunai gak boleh, apa mau dikredit macetin,,,
    parah… :evil:

  6. one08 24 Desember 2010 pukul 12:12 AM

    dunia oh dunia…… :cry:
    ada gula ada semut bangsat! :evil:

  7. ru 24 Desember 2010 pukul 1:40 AM

    arista bukannya nickname salah satu fby yah? Ada yg ingat ga yah?

  8. pandeganews 24 Desember 2010 pukul 3:19 AM

    Temen gue juga kemaren mau beli Satria FU kudu kredit, klo ga kredit kudu inden, akhirnya dia nyari dealer lain n kudu bayar 1jt biar bisa cash nie dealer klo ga salah di jkt.
    klo saya indent 1minggu wktu bli vixion maklum di desa binuang-kalsel, tapi ga dipaksa kredit kok.

  9. Pingback: Tips Membeli Motor «

  10. lilypud.Lucu 24 Desember 2010 pukul 5:51 AM

    aku tuku piksyen mung inden 1 jam :mrgreen:

  11. arif rakhman 24 Desember 2010 pukul 5:58 AM

    “Mohon maaf, artikel Anda tidak berlaku untuk PT BAI :mrgreen:

  12. shu_enk 24 Desember 2010 pukul 6:59 AM

    Mantep….

    lain kali kalo disentil ga bisa di Keplak bin dupak ya bro… xixixi (Just Kidding)

  13. Mr_Long'S 24 Desember 2010 pukul 8:03 AM

    Betul tuhh bro…
    Kemarin saya mau ambil byson di tanya mau chas pa kredit… Saya jawab chas di suruh bayar lebih 500.000 dngn alasan tahun depan harga ny mau naik dngn indent yg tdk di tentukan… What The Fuck…

    Ehh pas kredit malah di janji’in ga lebih dr sebulan byson udah di antar…

  14. rbk 24 Desember 2010 pukul 12:29 PM

    tapi di jepara kalo beli kawasaki cash malah dapat potongan harga

  15. tafri 24 Desember 2010 pukul 2:02 PM

    itu si pihak dealer aja, no buktinya di banyumas lancar jaya

  16. blognyamitra 24 Desember 2010 pukul 4:43 PM

    Saya beli Vixion tunai aman2 saja, malahan ama salesnya gak ditawari utk nyuruh kredit…

  17. j4na 24 Desember 2010 pukul 4:49 PM

    waduh waduh…. yamaha yamaha…..
    bukanya udah dicoret……..
    satu deler berbuat imbasnya keseluruhan….. bak bom aton… dijatuhin satu….ledakannya menjalar kmana-mana….

    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2010/12/24/proyek-motor-50cc-tercepat-didunia/

  18. haicy 24 Desember 2010 pukul 5:15 PM

    “Mohon maaf, artikel Anda tidak berlaku untuk PT BAI :mrgreen:

    maksudnya bro?? kok aq mw beli cash UG4 orange, dari awal november ampe detik ini gak dapet2 ya, aq tanya katanya seluruh UG4 surat2nya lagi nyantol di bea cukai, tapi kok di jabotabek udah ready dari kemaren, berarti dealer semarang….enng…inggg..enngg..tau sendirilah, jadi satu2nya dealer di semarang pasti bakal seenaknya, yang laen dapet cashback mpe des’10…di situ gak dapet apa…n tau bonusnya CUMA kaos n mug cantik…mungkin mau membudayakan naek motor tanpa helm+jacket, tapi naek motor kaos-an mbil ngopy…hahaha

  19. haicy 24 Desember 2010 pukul 5:16 PM

    maksudnya seluruh UG4 orange…hehehe…

  20. aanhamzah 24 Desember 2010 pukul 6:07 PM

    Wew.., beda banget sama di Kawasaki. Disaranin sama salesnya cash aja, soalnya kreditnya jadi gedhe banget. Akhirnya langsung bayar cash n bawa pulang motor dihari itu juga.

  21. The Wheels of Life 24 Desember 2010 pukul 7:30 PM

    emang tuh sales Yamaha semakin didepan memeras konsumen..
    Dan YMKI pura2 gak ngelihat… ckckckck

    http://thewheelsoflife.wordpress.com/

  22. cegukan 24 Desember 2010 pukul 10:22 PM

    jaman sekarang emang pada dibutakan oleh uang. jadi gak peduli merugikan orang lain ato tidak yang penting dapet duit..duit…dan duit…

    http://blogpakyo.wordpress.com/2010/12/24/yamaha-gerak-cepat-new-r15-meluncur-sebelum-cbr/

  23. gasfuel 24 Desember 2010 pukul 10:52 PM

    masalahnya sama waktu saya beli vario 1 bulan yang lalu,,kalau menurut saya dealer ga berbuat begitu tapi si salesnya yg nakal jadi dealer yang kena getahnya,soalnya ,mereka dapat bonus dari pihak leasing kalau ada orang yang kredit, kan biar target tercapai..
    tapi ga cuma motor aja mobil juga sama.

  24. ahong 25 Desember 2010 pukul 12:33 AM

    saya beli kawasaki 2x cash malah di diskon lho,lalu beli xeon CASH di jogja ,pas beli xeon ane skakmate sales yamahanya :” saya CASH atau tidak sama sekali ” . Dan sales nya bilang OKE ….

    Pengalaman saya beli motor sampe dari taon 2000an sampe 2010 saya gak pernah ditawarin jalur kredit…saya selalu bilang diawal CASH atau TIDAK sama sekali ( pindah dealer ) dan karena saya sudah bilang diawal pembicaraan bahwa saya sudah dateng ke dealer A B C D ,…kalo situ gak ngasih CASH saya pergi ke dealer laen

  25. SkyrideR 25 Desember 2010 pukul 7:25 AM

    biasanya si sales bilang :
    bisa kredit kenapa musti cash…
    aku jawab :
    Punya uang ko disuruh kredit….

    Pengalaman waktu ambil White Mio… aku datangi 3 dealer, dealer pertama di Magelang yang deal…
    yang lain mbo kredit aja….

  26. hadi 27 Desember 2010 pukul 9:08 AM

    pesan aja di 5 dealer sekaligus….mana yg lebih dulu ngasih, tinggal yang lain dibatalkan saja…….

  27. karto 27 Desember 2010 pukul 12:46 PM

    4 th yg lalu saya pernah ngalami yg kayak gitu mas, dulu waktu mo beli mio jg dikasih alesan macem” trus kalo mo cash hrs nunggu berbulan” (intinya dipersulit) sehari berikutnya aku kirim email ke YMKI n alhamdulilah direspon dg cepat n berbekal print out balesan email td aku kembali ke dealer tsb n alhamdulilah hari itu jg langsung bisa bawa pulang motornya.
    (karena di email balesan ada kata yg menerangkan kalo ada dealer (nakal) yang ndak boleh cash harap dilaporkan ke YMKI)

  28. theoxcool 27 Desember 2010 pukul 2:37 PM

    saya pun mengalami hal serupa, apalagi pihak leasingnya jawabnya ga enak, tau saya mau cash-in tuh motor, sampe sekarang ga di telp lagi…dan sampai sekarang byson belum juga sampai rumah…

    peringatan terhadap yamaha bintara motor

  29. wisnu 27 Desember 2010 pukul 4:37 PM

    antara yang pihak leasing dan dealer punya perjanjian,waktu gua jadi sales.semua aplikasi fresh kasih leasing tertentu.soalnya ada refund yang gede yang bakal dikasih kalau dia nutup target (tentunya buat si boss).jadi seleksilah beli,hal tersebut terjadi kalau barang lagi shortage atau keluaran produk baru dari produsen yang bisa main harga

  30. Cahaya Surya 28 Desember 2010 pukul 2:51 PM

    Semakin dibelakaaang,,,, itulah slogan yang cucok bwadt Y…

  31. ayah 29 Desember 2010 pukul 8:28 AM

    Bener Bro, akhir sept lalu gw indent byson cash dijanjikan sebulan. Akhir Oktober gw tagih ke dealer, malah dibilang ga tau kapan datangnya motor. Lalu gw bilang mau komplain ke YLKI, Yamaha Pusat, Detik.com, Kompas dsb kalo Dearler mempersulit pemeblian cash.., ehh 5 menit kemudian dijanjian Byson dateng akhir November. Terus akhir November gw ditelp Dealer kalo Byson sudah dikirim. Karena sudah sakit hati, ga jadi gw beli byson dan akhirnya boyong NMP ke rumah.

  32. Riboet Hs 29 Desember 2010 pukul 6:35 PM

    Jadi,kesimpulannya gimana nie Bro ?…
    Soalnya aku baru mo ambiL kredit, Enak ambil kredit atau tunda sampai punya tabungan ?..Y..m..h.. Atau H..n..d.. ??
    Butuh motor banget nih…!

  33. rafflesia 31 Desember 2010 pukul 8:35 AM

    Lah ini masalahnya klasik banget…
    sales dapet banyak keuntungan dari finance company…
    Kali aja gaji salesnya YMH ga cukup yach…? ckckckck/….

  34. Boombox Walker 31 Desember 2010 pukul 9:03 AM

    ane juga pernah dateng ke salah satu dealer Y. waktu itu awal vixion keluar. tanya2 mau beli cash, di bilang salesnya ga bisa. alasannya waktu itu karena barang terbatas. trus, apa hub nya cash dg jml barang terbatas. akal2an sales aja.

  35. Aank wijaya 31 Desember 2010 pukul 3:45 PM

    aghhh…
    ada-ada jha!!!!!
    ga banget degh kalo beli motor kayag gtu!!!!
    ckckckck…
    ribet!!

  36. Cahaya Surya 4 Januari 2011 pukul 1:48 PM

    @bro Riboet Hs, Bli honda ajj brur, sales2x pengalaman abis,, n servisx memuaskan, pengalaman temen gw kmarin bli new megy, banyak opsi yng dtawarkan kredit, tunai, dll….
    dberi mnum lage,,, wkwkwkwk,,,,

  37. Van Damn NS 5 Januari 2011 pukul 3:32 PM

    Bagus” mas… Buat para calon pembeli, bila memang dipaksa kredit, lakuin aja kayak gitu.. :mrgreen:

  38. irawan 10 Januari 2011 pukul 4:42 PM

    pengalaman beli vega-r limited edition di putera motor cikarang, tidak ada paksaan/tawaran buat kredit. mereka langsung OK ketika saya bilang mo beli cash

  39. 99bit 18 Januari 2011 pukul 3:38 AM

    Mnding beli honda aja udah ada potongan lagi haahahhahhah yamaha semakin besar kepala aj.

  40. jomblomacho 18 Mei 2011 pukul 12:24 AM

    Wah sama nih, saya di kota jepara,klo beli honda harus kredit.
    Nih lagi incer honda spacy, la barangnya ada tapi disuruh kredit. Sudah 3 dealer honda.
    Yang dealer welahan sungguh nyebelin, katanya nanti klo barangnya tiba, diusahakn bisa cash.
    Waktu sore dirumah, saya ditelpon katanya spacy nya sudah ada, sampe disana emang ada, e malah disuruh kredit, terus bilang gini, ini harus kredit, paling tidak 3 bulan, dan lebih murah dari leasing resmi…. blabla bla..
    Saya jadi jengkel. mau ngadu, kemana….
    mending di mayong, salenya bilang dulu ga bisa credit. beres, ga nyusahin orang, suruh dateng ke dealer tp sampe situ disuruh kredit.
    Sampe skrng sakit hati n dendam ma tu orang, salesnya honda jaya motor welahan.Merasa diprmainkan.
    Sori bahasa gw belepotan, maklum orang deso lugu ga brpendidikan.
    NB: minta emailnya aduan honda donk bos. thank.

  41. Abel 15 Agustus 2011 pukul 8:41 PM

    Pada tgl 15-8-2011 saya pergi ke dealer nusantara sakti semarang bunderan bubakan. Rencana mo beli vario tecno scr cash. Namun pihak sales an: bayu no hp 0243547493 berujar pihak dealer lebih memprioritaskan pembelian scr “kredit”. Klu cash mesti indent lama tanpa batas waktu yg ditentukan. Alasannya sdh kebijakan dr astra. Apa benar? Seolah2 konsumen memang diarahkan utk beli scr kredit. Apalagi dealer honda wil. Jepara,kudus dan pati. Beli motor mesti kredit, cash nggak akan dilayani. Mhn advicenya

  42. cakil backrie 1 September 2011 pukul 8:04 AM

    ya pindah dealer yang mau cash…. Ga boleh cash yg ga beli… Kontak aja ke call center ATPM, tulis nama dealernya… Di website resmi kan ada….

  43. tatam 21 Januari 2012 pukul 2:02 PM

    Memang perusahaan leasing tuh rata-rata merugikan konsumennya. Mertua saya kredit motor, dan cicilan tidak pernah telat, eh tau-taunya kena denda 2 juta, usut-diusut, uang cicilan digelapkan oleh kolektor, tp tetep saja dendanya dibebankan ke mertua, nyebelin banget kan,,yang py dosa karyawan dia, kerugiannya dilimpahkan ke konsumen,,,

  44. adam 18 April 2012 pukul 10:18 PM

    biasa.a cash back yamaha gede gk???

  45. Toyiq Mawon 28 Mei 2012 pukul 5:13 PM

    tapi yang tidak punya uang cesh seperti anda , leasing itu membantu gan,, :)

    http://marketingjepara.blogspot.com

  46. Anonymous 13 November 2012 pukul 1:13 PM

    saya juga baru mau ambil, but disuruh nunggu 1 bulan kalo cash. ebusyeeeeh 0,0

  47. Audreys 4 Januari 2013 pukul 8:46 AM

    Inilah salah satu dampak kapitalisme yang terjadi di Indonesia.. Seharusnya cicilan berbunga itu ditiadakan, kalau memang mau meringankan beban rakyat kecil, tidak seharusnya orang tidak mampu / berkecukupan dijadikan ladang usaha..

  48. purwo 7 Januari 2013 pukul 2:57 PM

    di magelang juga sama, beli motor kudu kredit, gak bisa cash…
    Cina memang cerdas, kalo gak gitu dia gak bisa kaya …

  49. andri 29 Maret 2013 pukul 3:33 AM

    pihak dealer ANJING yg kyak gitu.

  50. andri 29 Maret 2013 pukul 3:35 AM

    pihak dealer ANJING tuh.

  51. Joko Sujarwo 2 Mei 2013 pukul 11:03 AM

    Itu salah salesnya. Yang namanya “Novery” itu memang tukang tipu. Saya juga pernah berurusan sama dia. Yang minta ‘fee’ tambahan lah. Terus motor datang ga pake surat-surat apapun. Saya balikin lagi motornya saat itu juga.

  52. Ramii Cruthclow 6 Mei 2013 pukul 5:36 PM

    dealer yamaha kontol…bnyak penipuan

  53. preet 9 Juli 2013 pukul 1:05 AM

    semuanya bangke…

  54. Pardi 22 Juli 2013 pukul 9:43 AM

    Npa sy mo bli cash mtor vixion new wrn merah putih dh 3minggu blm dateng z? Ktanya blm da alokasi dr yamaha,bagaimana nie? Mksh

  55. Nangga 26 Oktober 2013 pukul 5:46 PM

    Kan mas bro sendiri yg bilang itu ulah oknum dealer, kluarga saya kebetulan 4 x beli motor di dealer yamaha dewi sartika,2 diantaranya cash, dan itu beli di tahun 2013 ini, 1 unit x ride di bulan februari, dan 1 unit new vixion bulan september,mereka gak banyak akal2an, gak ada mita tambah2an, motor cepet nyampr pula,hanya 1 minggu setelah beli…
    Karena ane ngerti kalo kredit lebih unting, sales nya ane kasih aja duit gocap karena bersedia susah payah ini itu…

  56. Pingback: Mengapa Banyak Dealer Motor Lebih Mengutamakan Pembelian Kredit Dibanding Cash atau Tunai ?

  57. Renny Ajah 9 Oktober 2014 pukul 4:06 PM

    Ikut nyimak dulu deh…

    Bejoqq.com Agen Texas Poker Dan Domino Online Indonesia Terpecaya – http://nelayan-kampung.blogspot.com/2014/08/bejoqqcom-agen-texas-poker-dan-domino.html

Komentar

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.705 pengikut lainnya.

