kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

Suzuki Skywave 125 Memang Beda…

Judulnya sudah seperti tagline iklan kan.. hehe… Biarin ah, itulah yang saya rasakan saat mengendarai Skywave 125. Ngebut di jalan lurus plus meliuk kiri kanan di jalan menikung khas perbukitan ternyata lebih mantap dibanding matik lainnya. Kalo dibilang promosi ya monggo, tapi saya mencoba nulis seobjektif.. eh.. sesubjektif mungkin :) Subjektif karena ini menurut saya, yang mungkin saja menurut orang lain tidak sama dengan yang saya rasakan. Menyambung tulisan saya sebelumnya, lagi kesengsem Skywave, ternyata eh ternyata tidak hanya saya yang sebenarnya ngincer Skywave… :D

Lanjut… hari Jumat pagi 14/05/10 kemarin, baca koran, di iklan baris motor dijual, tertulis begini, Skywave NR 0308 Rwyt Servc+Jaket ABSlm Tgn I H:9,850 Terawat hub 0811******* Jl Wonosari Km 6 Baturetno. Sorenya, coba datengin tempatnya, dengan sebelumnya menghubungi nomor ponsel yang tertulis. Eh iya, hari sebelumnya saya sudah hunting di beberapa dealer motor bekas untuk menebus Skywave, yang ternyata harganya masih di atas 10 juta untuk tahun 2008, itupun umumnya kondisi sudah ada spet di sana sini alias sudah pernah dipakai jatuh. Nah, yang ini masih benar2 mulus, tak ada lecet sama sekali. Bahkan buku servis pun turut disertakan lengkap dengan riwayat servis yang menandakan yang punya ini rajin servis, tak ada satupun jadwal servis yang terlewatkan! Lagi pula ini berplat Sleman Yogyakarta, bila nanti balik nama tak perlu cabut berkas, cukup ganti nama pemilik saja. Hmmm… tak sampai setengah jam.. akhirnya Skywave NR tahun 2008 ini berpindah tangan.. :D

Hari berikutnya, saya coba riding di Jalan Jogja-Solo plus lanjut ke perbukitan Gunungkidul. Tipikal jalan lurus dan berkelok lancar. Kesan pertama, Skywave ini cukup tinggi dibanding Vario atau Mio, tapi tenang aja.. ga perlu bawa dingklik.. :mrgreen: Akselerasi awal agak ngegantung dengan putaran mesin cukup tinggi, baru pada kecepatan di atas 40 km/jam, dengan sekali tarik gas, dengan mudah jarum speedometer menyentuh angka 80. Saya coba di jalan lurus ternyata mencapai kecepatan 110 km/jam, sayangnya belum tahu maksimalnya berapa karena keburu lampu merah.

Kondisi jalan menikung cukup stabil, apalagi di roda belakang dengan shockbreaker ganda. Namun saya tidak rebah maksimal karena grip ban depan sudah mulai menipis. Dibanding matik beroda kecil, pastinya lebih mantap dan yakin. Dengan mudah mendahului bus-bus angkutan dan mobil-mobil. Tapi lagi-lagi, keluar dari tikungan, akselerasi awal rasanya kurang. Soal posisi riding menurut saya paling nyaman di antara skuter matik konvensional yang lain. Posisi kaki menapak sempurna, berbeda dengan Vario CBS yang agak selonjoran.

Awalnya saya isi tangki bensin penuh, menurut spesifikasi berisi 4,7 liter. Dari Sleman sampai ke Gunungkidul dengan menempuh jarak sekitar 70 km, penunjuk bensin tinggal berisi setengahnya. Hehe.. cukup boros karena gas saya pelintir habis-habisan. Soal akselerasi yang kurang, rencana awal akan saya ganti Pilot Jet standar ukuran 12,5 menjadi ukuran 15 standar Smash 110. Lalu ban depan belakang juga masih cari-cari tipe dan ukuran yang cocok. Rasanya tak peru banyak ubahan lain karena bagaimanapun motor dengan kondisi standar itu yang paling nyaman.

Foto-foto Skywave NR :)

Semoga berguna ;)

124 responses to “Suzuki Skywave 125 Memang Beda…

  1. alrozzi 16 Mei 2010 pukul 9:43 AM

    lho… lho… ada apa ini… ada apa ini? apa yang diributkan? xixixixi :mrgreen:
    pertanyaan umum;
    >koleksi bertambah 1, skywave
    >keluarga berkurang 1, sutekno

    mana menurut Anda yang benar? :?:

    • kilaubiru 16 Mei 2010 pukul 9:55 AM

      hehe… tidak ada yg benar :mrgreen:
      >skywave bukan buat koleksi, tapi buat teman perjalanan antar kota dalam propinsi
      >sutekno masih ada, dipakai adik lelaki saya yg masih sekolah :D

  2. adpost 16 Mei 2010 pukul 10:10 AM

    plat nomer e apik….

  3. hadiyanta 16 Mei 2010 pukul 10:20 AM

    sesuk tak ijolan karo sing duwe skywave, ketokke beliaunya pingin numpak serigala :-)

  4. jahe 16 Mei 2010 pukul 1:58 PM

    manteb! juragan e sugih motor! dtambahi box kyo si baby harley tmbh mantab!

  5. anddeep 16 Mei 2010 pukul 3:45 PM

    Selamat bro.tambah lg keluarga kilau biru.
    kok warna skywave nya ngak biru

  6. SkyrideR 16 Mei 2010 pukul 3:48 PM

    Selamat bro.. Jd keluarga jg kita.. Keluarga skywave owner..
    @mas hadi. ikutan kesemsem jg nih. lanjutkan bro.. boleh ko tukeran ama black coyotenya.. :D

  7. e8ay 16 Mei 2010 pukul 3:59 PM

    tinggal ganti ban tuh, pake battlax depan dan exedera belakang. Sip udah untuk daily riding

  8. asmarantaka 16 Mei 2010 pukul 4:18 PM

    wihhh….motornya sampeyan ada banyakk..pelanggaran…kan KB…dua motor saja cukup :mrgreen:
    kapan2 aq silihi bro :mrgreen:

  9. Maskur 16 Mei 2010 pukul 7:35 PM

    weh wes sida tuku to

  10. thwuerhouwnguisthzwhingztch khaghadhizhwiramszch 16 Mei 2010 pukul 8:45 PM

    wah akhirnya dapet gelombang langit, pengendara malam……

  11. Blog Gado Gado 16 Mei 2010 pukul 9:01 PM

    wah congrats gan udah punya skywave

    jujur ane belum pernah nyoab SW sampai detik ini :malu:

  12. abadi rachman 16 Mei 2010 pukul 9:42 PM

    asline saya juga kesemsem mas bro dengan skywave cuman kalo buat istri kayaknya ketinggian besok dech coba minjem skywave temen biar dicoba ma istri perlu dingklik nggak hehehe

  13. one08 16 Mei 2010 pukul 9:43 PM

    :shock: jebul tenanan to nglamar skywave!
    mantap! skyrider punya temen nih! :wink:
    pendatang baru kehilangan temen :twisted:

  14. asmarantaka 16 Mei 2010 pukul 9:49 PM

    oh posisinya di Jogja to mas??…besok kalo saya jadi mbangun hotel di jogja…saya akan test drive motor anda…

  15. Supra XX 16 Mei 2010 pukul 10:07 PM

    juragaaannnn
    ayo selametan_

  16. sentrabaju 17 Mei 2010 pukul 12:37 AM

    skywave emang keren..

  17. pamujijadul 17 Mei 2010 pukul 9:30 AM

    Selamat, Juragan milih sing jumbo-jumbo,… he… he… he….
    ehem….. yen jumbo mesti marem ……
    Produk jumbo kelas tiga, yen tarikan awal iso enteng gampang kok, knalpot silent series PNP wae (terserah merk opo wae ning silencere sing gede) tenaga awal lebih reponsip.

    • kilaubiru 17 Mei 2010 pukul 9:38 AM

      berarti ga bener ya iklan parfum di tv tu, “karena cowok suka yg mini”, padahal kalo saya suka yg gede2… hihihihihi.. malah OOT :mrgreen:

      oke bro, masih nyari2 setting yg pas ni, tengkyu infonya :)

  18. Moko 17 Mei 2010 pukul 9:39 AM

    wess.. mantep tenan! rondone mulus.. lebih mulus ketimbang punyaku yang pernah ndlosorrr sekali.. :mrgreen:

    kalo udah ganti ban kasih tau infonya kang! soale punyaku ban belakang juga udah ABS a.k.a agak botak sedikit.. bentar lagi minta ganti.

  19. snalpot99 17 Mei 2010 pukul 11:37 AM

    tetangga sbelah lagi mbangun rumah, tukange pakai skywave kaya punya bro kb di sawang2 manteb juga ya.. :D

  20. sembalap 17 Mei 2010 pukul 1:32 PM

    sukuran’e pas kopdar jogja

  21. dhuwursblog 17 Mei 2010 pukul 2:49 PM

    wes kulakan semongko durung??? :D

  22. SkyrideR 17 Mei 2010 pukul 4:29 PM

    @dhuwur. ayo FU nya sgr dibawa pulang..

  23. penerjemah a.k.a arif rakhman 17 Mei 2010 pukul 7:22 PM
  24. penerjemah a.k.a arif rakhman 18 Mei 2010 pukul 6:03 AM

    sama-sama mas. senang akhirnya terwujud juga ya. ditunggu penggantian ke ban tubeless deh… :)

  25. Kutu Kupret 18 Mei 2010 pukul 8:42 AM

    Bro, Skywave-nya 1 liter berapa ya? Kok dibejek 70 km aja udah tinggal setengah? hehe

  26. Moko 18 Mei 2010 pukul 10:47 AM

    Saya juga nubie kok kalo ma SW. ;)
    Taunya cuma pake, enak, ya udah gitu thok.. Ga pernah utak-atik. Hehe

    @^
    kalo jalan santai n treknya datar bisa dapat hampir 40an km/l kok, tapi kalo buat agak ngebut+trek pegunungan ya antara 30-35 km/l. Tergantung kondisi mesin n beban juga..

  27. bennythegreat 18 Mei 2010 pukul 10:51 AM

    wah…racun iki..aku jadi ngidam skywave…udah setahun ini naksir yg NR-II

  28. Andre 18 Mei 2010 pukul 3:59 PM

    Lebih nyaman mana bro Skywave dgn Vario Techno?
    Klo akselerasi menang siapa? Body Skywave besar berarti lebih berat ya?

    • kilaubiru 18 Mei 2010 pukul 9:08 PM

      relatif bro, kalo menurut saya :
      – posisi riding lebih nyaman skywave daripada vario techno
      – akselerasi awal menang vario techno, skywave menang di kecepatan 40 km/jam ke atas
      – body skywave berat bro.. mo angkat2 buntutnya pas parkir aja malah masih lebih ringan megapro, apalagi vario techno ;)

  29. Semprul,dab! 19 Mei 2010 pukul 7:05 AM

    Ban ne ganti 17 an,ben ra kalah karo om thole..

  30. Moko 19 Mei 2010 pukul 11:45 AM

    Diutak-atik sampe berubah jadi Skywave 250 ya bro? Hehe

    mau ikut SOC YK ga om? Kalo mau ayo barengan gabungnya, mumpung saya pas diajak gabung ma anak SOC nih.. ;)

    btw yg buntutnya berat diangkat, gara2 bagasi isi semangka tu.. Ayo dimakan ae biar enteng! Haha

    • kilaubiru 19 Mei 2010 pukul 7:52 PM

      hehe… tapi ntar dulu deh utak atiknya.. lagi utak atik yg laen dulu :mrgreen:

      oke bro, ayo aku melu, PM wae ya..

      hahaha… betul, skrg ke mana2 bisa bawa semangka :P

  31. SkyrideR 19 Mei 2010 pukul 11:56 AM

    @Moxo… domisili magelang boleh ikut ng…? pingin sih ikut klub tapi ko masih disibukkan dengan kerjaan..
    ayo klo mau gabung, gw ikutan yach… :wink:
    SW aku juga ng aku utek2.. udah gagah ko…

  32. GKR 008 20 Mei 2010 pukul 3:49 PM

    Permisi mas, numpang lewat ya. :-)

    wah motornya baru ya?

    coba join ke milis skywaveownerclub@yahoogroups.com

    silahkan cari dokumen2 tentang skywave yang mungkin berguna di bagian FILES dari milis tersebut. Hasil upload dari temen2 di SOC.

    Salam kenal ya mas.

  33. blognyamitra 21 Mei 2010 pukul 7:38 AM

    akhirnya dapet juga motor impian :) selamat menikmati bro :)

  34. martini 21 Mei 2010 pukul 4:28 PM

    selamet mas…akhirnya dapat juga, ditunggu makan2ne kie…!! piye buat rute jogja-solo yang ugal2an…anteng tho………..

  35. anang 21 Mei 2010 pukul 11:04 PM

    dikit masukan.temenku punya skywi sama nr pelek diganti pake spin (cocok) roda diganti ukuran agak besar(jg besar2)tubeles jadi lebih tenang bawa skywi soale kalau dorong berat banget(pengalaman ndiri).

    • kilaubiru 21 Mei 2010 pukul 11:56 PM

      spin yg velg jari2 ya bro… iya tuh di milis SOC juga banyak yg pake, tapi kalo saya pribadi pilih yg standar aja.. unik, roda 16 inchi jarang ada.. :D
      hehe, btw thanks bro..

  36. rasheed 21 Mei 2010 pukul 11:21 PM

    Skywave Mantabbs!!!
    Dulu di jalur cianjur-Bdg tembus 120km/j trek lurus.. beratnya bodi justru bikin stabil saat ngebut..
    Skr pake skydrive, akselerasi lebih manteb, tp top speed cm tembus 105 km/j, karakter galak bawah doang..

    tp Keep safety ride aja deh!!

  37. mustaqiem 21 Mei 2010 pukul 11:22 PM

    Ho..ho..ho..baru tau ya kalau produk keluaran Suzuki bagus2,orang belum pada nyoba udah komentar yang nggak2,buktikan dulu baru komentar,gini bro,pilot dinaikin 1 step aja,main jet ga usah,kalau mau maen top speed ganti roller 1 gram aja diatas ukuran standard,Skywave aku pernah 120 kph lebih dikit,masih standard cuma koil pakai racing biar apinya lebih gede,monggo buat ngeramaikan SOC,oya buat temen2 yang mau cari SW bisa hub. saya di (0274)8342417,ada harga khusus n striping baru loh..

    • kilaubiru 21 Mei 2010 pukul 11:43 PM

      thanks bro sarannya, besok bakal saya coba :D

      tuh, ada harga khusus dari mas Mustaqiem.. hehe.. buruan… :)

    • DM Abe 6 Mei 2014 pukul 11:58 AM

      Mas Bro, saya nanya agak keluar jalur dikit ya.. SOC untuk Solo ada ngga ya? Mengingat posisi saya di Solo, sedangkan SOC yag terdekat adalah Jogja dan Semarang..

  38. mimpipribumi 27 Mei 2010 pukul 11:31 PM

    hai…wong jogja salam kenal yo…….

  39. Red 27 Mei 2010 pukul 11:43 PM

    salam kenal dari sesama pemakai skywave :D

  40. Diding 29 Mei 2010 pukul 9:41 AM

    Jadi penasaran jg nih pingin coba, dah prnah sekali mintem tetangga cuman bntar doang jdi blum tau bener akselerasi ny, klu skydrive gmn ya akselerasi ny klu d bndingkan ama skywave, kn sm2 125cc gtu, seneng ama gaya ny motor unik dan nyeleneh tpi enak d pndang :-D

    • kilaubiru 30 Mei 2010 pukul 3:52 AM

      katanya yg pernah make sih akselerasi skydrive lebih narik dibanding skywave, tapi skywave menang di putaran atas.. saya sendiri juga blm pernah nyoba buktiin bro.. :D

  41. Eep 29 Mei 2010 pukul 12:05 PM

    cuma untuk suzuki matic.. di tanah air sedikit sekali barang2 variasi aftermarketnya.. :)
    jadi kalau mau modif2 nyari barangnya susah.. atau ngakalin barang milik matic lain.. jatuhnya jd lebih mahal..

  42. mario ^_^ 8 Juni 2010 pukul 9:41 AM

    kemarin waktu test ride di surabaya…si xeon cuma dikasih premium…muter2 surabaya sidoarjo pulang pergi, dng kondisi jalanan macet dan panas, selesai acara masih ada 1 strip bensin, biasanya satu strip itu masih sisa sekitar 1 ltr bensin…..xeon full tank 4,1…jadi cuma kepake 3 liter…asumsi jarak yg ditempuh 120km-an jadi 1 ltr bisa 40 km, hemat juga dng performa dan cc segitu…

  43. santo 8 Juni 2010 pukul 8:03 PM

    ban nya dah ganti tubeless blm ( terutama ban blkg ), coz kl ban blkg msh pake ban biasa, kl bocor biasanya tukang tambal ban ga da yg mau nyopot bannya, repot hrs bongkar knalpot segala. Sharing aja, sy tinggal di bandung, baru minggu kmrn skywave sy digeber bandung garut pp, jalanan full tanjakan turunan curam, tikungan tajam, oke banget tuh, stabil ditarikan atas, suspensinya empuk :)

  44. fajar 16 Juni 2010 pukul 6:24 AM

    kemaren malem ane baru nyoba sky wave punya adik ipar. muantab, boncengan dengan anak 1 di depan, 1 di tengah, istri di belakang, kok terasa masih lega ya, terheran-heran saya.

    reviewnya hampir sama, sayang udah keburu nyemplak vixion yang muantab juga akselerasi dan suspensinya, irit pula. btw keep safety riding bro.

    selamat

  45. Honda Mio NR 6 Juli 2010 pukul 6:05 AM

    Kulo Nuwun…Nuwun Sewu Mass…Aku juga barusan ambil SW mas warna putih hitam.L 5357 RD. Sik lagi oleh sak cicilan. Goro goro diracuni diracuni sama dua temen(yg semua pake nouvo Z) Katanya :Aku nyobak SW ne tonggoku uuenak,sumpah.Wis belio SW buat ganti nouvo mu yang sudah jelek itu lho.(saya pemakai nouvo keluaran pertama). Berhubung nouvo di stop.Akhirnya aku ambil SW. Tumpakane manteb. Skok lebih empuk timbang nouvo.Putaran atas lebih mantabs bro.Pokok’e nggak nyesel ambil SW. Sampun mas,nyuwun pamit.Matur nuwun..

  46. Deede Azzam 9 Juli 2010 pukul 10:16 AM

    Waaahhh.. mulai keracunan iki. Pengen coba SW… Salam Kenal bro… Good review…

  47. Pingback: Siapa Bersedia Merawat My Blue…? « kilaubiru™

  48. heri 14 Agustus 2010 pukul 7:25 PM

    lampu belakang kayaknya putih gitu

  49. malik 9 September 2010 pukul 2:15 PM

    saya mau nanya mas kilaubiru, kira2 kalo tinggi 164cm jinjit nggak pas naik skywave ini? Saya kesengsem skywave ni cuma masih ragu soale tinggi badan saya pas2an :malu: ?

  50. Pingback: Jajal Honda New MegaPro Beneran… « kilaubiru >>>

  51. sartoyo asmyanto 7 Oktober 2010 pukul 12:49 PM

    ini bukan promo lo ! aku punya sky NR II dah 1 thn sampai sekarang ga ada keluan, kemarin saya pakai mudik waktu di daerah brebes trak lurus top speednya sampai 120 pakai pretamak. sewaktu pulang lagi ke bandung di geber habis2san maklum jalan masih kosong rata2 di atas 100 km/j, enakkk tenan rek mantap setabil mungkin karena berat kendaraannya x ya sampai 113 kg + 53 berat badan saya. setiba dibandung paginya langsung tancap ke garut jemput istri dan 2 anak saya yg kebetulan ga ikut mudik ke solo, semua tahu tanjakan nagrek garut wooo ga disangka tenaga kuda besiku ini, satu keluarga + 2 tas baju ukuran lumayan besar masih bisa ngacir, satu kekurangannya bensinnya bro lumayan boros tapi saya tetap puas and puas karena borosnya juga di tukar tenaga akselerasi speed and kenyamanan walau di bawa meliuk2 di jalan. ( di trak lurus kusering mengasapi metik2 lain hanya xeon yg belum karena pendatang baru jadi blm sempat bareng. suwer ini lain promosi karena gua bukan orang yg panatik.

  52. Pingback: Motor Juga Punya Perasaan « kilaubiru >>>

  53. Pingback: Suzuki SkyDrive Racing Edition, Stripping Senada GSX-R « kilaubiru >>>

  54. Pingback: Suzuki Skywave 125 NR, Touring Jogja Magetan Sarangan « kilaubiru >>>

  55. Pingback: Mengapa Pilih FXR150, Bukan Hayate125? « kilaubiru >>>

  56. ali husein 27 Maret 2011 pukul 6:07 PM

    salam…kenal mas
    Aku baru aja jd skywaver,,dr tgl 24 march kemaren…butuh info2 yang bermanfaat buat kita yang baru nih,,,
    Trims

  57. Pingback: Suzuki Skydrive Racing (Limited Edition) « wayoflifesuzuki

  58. Pingback: Sempat Tergoda Supra X 125, Tapi Gagal Total Setelah Kesengsem Vario 125 « kilaubiru™

  59. clodi murah 8 Februari 2013 pukul 11:42 AM

    Lagi nyari pandangan motor matic, Skywave boleh juga..

  60. lugupol 9 April 2013 pukul 12:56 PM

    kulo pemakai hayate pareng gabung nopo mboten nggiih???

  61. lugupol 9 April 2013 pukul 1:06 PM

    pernah galau juga,pilih hayate atau sport.akhirnya pilih hayate krn alasan fungsional dan keluarga.

  62. acep hermawan 21 Mei 2013 pukul 9:21 AM

    emang bnar mas bro skywive itu emang mantaabz abizz…..

    saya mau jual skywive NR tahun 2008 F kabupaten, harga 6,5 jt nego,minat email ke hacep31@yahoo.com…thxs

  63. BD 13 September 2013 pukul 7:09 AM

    barusan searching “skywave jogja” di mbah google, eh nemu artikel ini.
    lg cari skywave ini, kira kira di jogja skrg kisaran harganya brp ya bang?

  64. Ncik 13 November 2013 pukul 9:54 PM

    Hahaha memang motor satu ini tahan banting buat perjalanan jauh. Aku aja kadang kalo mudik Jogja-Pati lebih seneng pake motor ini dibanding sama Vario
    Tapi ukuran ban yang jarang dan cara ganti ban belakang yang sering bikin saya jengkel saya ini. Tapi overall okelah nih motor, secara udah nemenin aku kemana2 udah hampir 6 tahun :))

Komentar

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.702 pengikut lainnya.

