kilaubiru™

Expect nothing. Do something.

Hati-Hati Pasang Cakram Lebar

Umumnya cakram lebar dipasang di roda depan. Cakram standar bawaan pabrik kadang diganti dengan ukuran piringan yang berdiameter lebih lebar. Hati-hati bro… Memang tampilan motor jadi makin berisi dan enak dilihat, apalagi bila dipasang di skuter matik yang lingkar rodanya kecil, makin cakep plus gaya. Namun, ada beberapa hal yang mesti bro perhatikan ;)

Hal yang pertama, dengan diameter cakram yang lebih lebar, tentu luas bidang yang dijepit kampas rem lebih panjang dan tentunya reaksi saat menekan sedikit tuas rem akan sangat terasa. Sesuaikan dan biasakan kemampuan rem, bisa jadi naik atau bisa juga turun. Loh, kenapa kemampuan rem bisa turun? Kualitas bahan piringan yang menentukan. Cakram yang berkualitas memang harganya bicara. Bila cukup yang harga murah meriah seperti kebanyakan yang beredar di pasaran, ukuran ketebalan kadang tidak rata, kualitas materialnya tidak cocok dengan bahan kampas sehingga tidak semakin pakem tapi malah licin.

Kedua yang harus diperhatikan juga, braket pemegang kaliper harus tepat pada piringannya. Bila tidak pas cakram bisa tergesek dan menimbulkan panas berlebih yang mengakibatkan cakram melengkung. Lalu yang ketiga, posisi selang pastikan tidak terjepit atau terlipat. Apalagi saat sokbreker depan naik turun, hati-hati dengan posisi kaliper yang naik ke atas. Selang yang menekuk bisa bocor atau tertekan yang bisa mengerem sendiri di luar kontrol. Bila perlu, ganti juga selang dengan kualitas yang lebih baik.

Terakhir, bagaimanapun kualitas cakram, entah performance rem naik atau turun, jangan lupa dibiasakan dulu. Kemungkinan kontrol rem yang dulu biasa dipakai, harus diubah supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Safety tentu lebih diutamakan daripada gaya kan… :D

Semoga berguna ;)

About these ads

51 responses to “Hati-Hati Pasang Cakram Lebar

  1. nadi 8 April 2010 pukul 12:46 AM

    Benar. Naik turun di lokasi yang lebar-lebar memang tidak enak. Sama sekali tidak mencengkeram kuat. Alhasil keringat doang yang keluar. :mrgreen:
    *mbales*

  2. blognyamitra 8 April 2010 pukul 8:07 AM

    Yg sadis lagi pernah ngeliat bebek pake rem cakram belakang gede banget, ngalahin diameter cakram yg di depan.

    • kilaubiru 8 April 2010 pukul 1:28 PM

      padahal mestinya daya pengereman depan harus lebih kuat daripada belakang ya bro… hehe.. tapi kalo tu sih menang gaya aja, safety belakangan :mrgreen:

  3. bennythegreat 8 April 2010 pukul 9:38 AM

    motor standar is the best bro..

    *yang udah kapok modif2*

  4. Supra XX 8 April 2010 pukul 10:02 AM

    motor standar is the best bro..

    bener itu
    makanya beli standart yang SANGAR

    seperti
    NINJA
    DUCATI
    de el el

    • kilaubiru 8 April 2010 pukul 1:33 PM

      betul..betul… :mrgreen: setuju….
      pengen ganti cakram besar, ganti motor sekalian yg standarnya dah pake cakram gede, contoh : superbike :lol:

  5. A Seen Bonsai Biker 8 April 2010 pukul 11:42 AM

    cakaram lebar mending di jadiin wajan bolik aja

  6. Shark 8 April 2010 pukul 1:33 PM

    yg jelas jd tambah boros…..sumuanya… :-)

  7. SkyrideR 8 April 2010 pukul 4:13 PM

    Model gambar ambil supra125 nya bro dhuwur ya.. tp bagus lho.. kepingin pasang di skywave gw.. mantaf…

    • kilaubiru 9 April 2010 pukul 10:24 AM

      gambar ngambil dari garasi rumah :mrgreen:
      btw, saya dah coba pasang di vario cbs, makin mantaff
      *kompor.com :D

    • dhuwur 10 April 2010 pukul 11:28 AM

      supraku disc nya ga model wave gitu kok mas skywave :) model klasik nya TZM,, emg sih pengereman jd lebih manteb kalo pake disc lebar gini. tapi yang di supra ku kayak nay uda rada peang, gara-gara sering menghajar jalanan berlobang, ckckc,,

  8. asmarantaka 8 April 2010 pukul 4:22 PM

    klo ngerem depan intinya pakai 1 jari dan maksimal 2 jari….lebih dari itu njengking sampeyan……xixixixii… bukan begitu KB??….xixiixixi… :mrgreen:

  9. elsabarto 8 April 2010 pukul 5:30 PM

    modifikasi gak ada salahnya bro, asal tau fungsi & kualitas parts yg digunakan…
    modifikasi jg bisa meningkatkan safety motor, beda ya dg modifikasi yg cm sekedar mengejar tampilan.

  10. Lilypud_suka.design 9 April 2010 pukul 8:23 AM

    wah..mx ane pke cakram lebar..tp yo ga begitu ngaruh..rasane masih kyk pake cakram bawaan pabrik . . :mrgreen: . .tp kyk.e dalam waktu deket mau di standarin lagi…hihi

  11. dismas not dimas 9 April 2010 pukul 9:07 AM

    setuju sama opini yang kedua. Ini piringan udah pakai Yoshimura, kok seret ya…., ternyata braket pemegang kaliper minta dipecat.

  12. Elektra/kenthong 9 April 2010 pukul 5:38 PM

    miongku pake p*m enak ki bro…tpi mx ku dulu pake piringan abal2 malah gak bisa di pake setengah rem…kalau di tekan ndut ndutan tuasnya…maunya langsung tekan penuh

    • kilaubiru 9 April 2010 pukul 7:55 PM

      kalo ndut2an biasanya cakramnya ga rata tu mas, saya pernah pake yg abal2 jg gitu, dari baru mesti diratain dulu, caranya ngeremnya pelan2 biar rata, ga langsung rem mendadak. kalo pinjem istilah lain, inreyen gitu lah… :mrgreen:

  13. asmarantaka 10 April 2010 pukul 3:28 PM

    wahh…emangnya iklan minuman penyegar stamina rasa anggur??….yg 2 cwek naik mio….dibantu ngerem pake pohon+3 orang cwok??….xixiixixixi :mrgreen:

  14. softpack 13 April 2010 pukul 3:42 PM

    mantabs.. buat late braking…

  15. dismas not dimas 14 April 2010 pukul 4:16 PM

    stoppie juga donk mas… hehehe…

    dulu ganti cakram lebar buat late braking. eh malah late (terlambat ngerem) beneran deh. kacau.

  16. opi stsetya 11 Juni 2010 pukul 11:35 AM

    oh…ya bro gw maw nanya ciri-ciri ckram besar untuk matic yang baik seperti apa bro??????????????

    kalau cakram besar untuk matic yang harganya standar ANAK SEKOLAHAN berapa?????????????

    and apa merk nya???????????

    • kilaubiru™ 14 Juni 2010 pukul 6:26 AM

      biasanya harga ga pernah bohong bro.. tanya langsung sama yg jual cakram gede, di toko atau bengkel yg bisa dipercaya, soal harga sih relatif bro.. ada kualitas ada harga ;)

  17. rudi 4 November 2010 pukul 9:37 PM

    betul banget dah… tau gak bro ciri-ciri material disc lebar yang bagus.. tapi harga terjangkau berkisar 200an…??

  18. Boombox Walker 31 Desember 2010 pukul 12:47 PM

    yg penting modifikasi tetep memperhatikan keselamatan. jgn asal modif…..

  19. Zaiin 25 September 2011 pukul 9:51 PM

    Pkkny hati2 biar gak goyang inul..

  20. aswin 27 Agustus 2012 pukul 9:06 PM

    standar is the best??
    standarnya pke standar bahan emas baru the best

  21. Anonymous 27 Januari 2013 pukul 2:55 PM

    gan gw mau nanya kalai disc cakram mio bisa di pasang di beat gk ?

  22. alfian 27 Januari 2013 pukul 2:57 PM

    gan gw mau nanya kalai disc cakram mio bisa di pasang di beat gk ?

  23. Anonymous 31 Maret 2013 pukul 7:55 PM

    saya mau tanya honda verza 150 itu bisa di pasangi cakram belakang gak ya

  24. Anonymous 18 April 2013 pukul 11:04 AM

    honda verza 150 bisa dipasangi cakram tengah jg kok..

  25. Anonymous 31 Mei 2013 pukul 5:35 PM

    gan harga brecket rem depan new smash standar
    brapa y?

  26. Kang OngkiE 22 Juli 2013 pukul 5:06 PM

    Disc cakram gede itu, gaya ada, resiko juga ada :D

  27. jack 29 Agustus 2013 pukul 2:53 AM

    jadi kumanten atuhhh,,kedah ngang go katel wae kitu cakramna,,kwkwkwk

  28. yesi 28 April 2014 pukul 3:12 PM

    ea mw gmn lgi ,,,,skrg suamiq dh cakram gede pdhl mw q nggak usah d ganti”,,,
    semoga nggak ada apa” n baik” ajha,,,

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.666 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: